Liga Indonesia

Analisis: Robert Rene Alberts Jadi Kunci Jawaban Persib Bandung?

Kamis, 25 April 2019 17:10 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar Copyright: © thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persib Bandung kembali digosipkan dengan Robert Rene Alberts yang di Liga 1 2018 lalu melatih PSM Makassar.

Persib Bandung saat ini memang masih dilatih oleh Miljan Radovic. Miljan Radovic sudah mendampingi Persib Bandung di kompetisi Piala Presiden dan Kratingdaeng Piala Indonesia.

Meski sudah memiliki pelatih dalam sosok Miljan Radovic, namun nama mantan pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts, masih santer dikabarkan akan merapat ke Persib Bandung.

Robert Rene Alberts sendiri saat ini memang sedang tak melatih usai mengundurkan diri dari PSM Makassar saat Liga 1 2018 berakhir.

Ditambah kekalahan memilukan Persib Bandung dari Borneo FC di leg pertama perempatfinal Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, membuat posisi Radovic kembali tak aman.

Bahkan rumor Robert Rene Alberts gabung Persib Bandung makin santer terdengar saat melihat akun pribadi Instagram sang pelatih. Dia tertangkap mengikuti akun Bobotoh dan juga Direktur Persib Bandung, Teddy Tjahjono.

Hal ini langsung memicu opini para pecinta sepak bola Indonesia, khususnya Bobotoh terkait merapatnya Robert Rene Alberts jelang Liga 1 2019 dimulai.

© PSM Makassar
Pelatih PSM Makassar, Robert Renel Alberts. Copyright: PSM MakassarPelatih PSM Makassar, Robert Renel Alberts.

Dari semua penjelasan rumor di atas, menarik untuk ditelisik lebih jauh. Apakah Robert Rene Alberts bisa menjadi jawaban atas semua masalah yang saat ini dihadapi oleh Persib Bandung?

Berbicara masalah Persib Bandung, yang paling terlihat dari setiap pertandingan, entah itu turnamen pra musim seperti Piala Presiden 2019 atau Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, adalah mereka kesulitan untuk clean sheet.

Sulit untuk clean sheet alias sering kebobolan sedang dialami oleh lini pertahanan Persib Bandung sejak Piala Presiden 2019 lalu. Dari tiga pertandingan babak grup Piala Presiden 2019, Persib kebobolan di dua laga, dengan kebobolan dua gol kontra Tira-Persikabo dan tiga gol menghadapi Persebaya Surabaya.

Bergeser ke kompetisi resmi Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19, sudah lima pertandingan dilakoni Persib di bawah asuhan Radovic. Tiga laga terakhir, Maung Bandung selalu kebobolan.

Robert Rene Alberts Solusi Persib Bandung?

© INDOSPORT
4 Aksi Kontroversi Robert Rene Albert di Indonesia yang Bakal Terus Diingat Copyright: INDOSPORT4 Aksi Kontroversi Robert Rene Albert di Indonesia yang Bakal Terus Diingat

Dengan masalah utama kebobolan Persib, lalu seperti apa catatan PSM Makassar di Liga 1 saat masih di bawah asuhan Robert Rene Alberts dalam dua musim terakhir?

Dalam dua musim terakhir, PSM Makassar di bawah asuhan Robert Rene Alberts tiap musimnya sukses tidak kebobolan lebih dari 50 gol. Di Liga 1 2017, PSM hanya kebobolan 38 gol dan Liga 1 2018 kebobolan 42 gol.

Untuk jumlah gol yang dicetak PSM Makassar setiap musimnya juga mereka mampu unggul dari Persib Bandung. Tak hanya bertahan, Robert Rene Alberts juga mampu membuat timnya tidak lupa mencetak gol.

Liga 1 2017, PSM Makassar berhasil mencetak sebanyak 67 gol sementara Persib hanya 39 gol. Liga 1 2018, PSM Makassar juga mencetak 57 gol dan Persib 49 gol.

Dari statistik di atas saja, bisa dilihat bahwa Robert Rene Alberts mampu menangani masing-masing pemain bintang yang ada di dalam skuatnya. Ini sangat dibutuhkan oleh Persib Bandung jika ingin bersaing di Liga 1 2019.

Sikap Temperamen Robert Rene Alberts

Namun, Persib Bandung harus tahu dan menerima sikap temperamen yang dimiliki Robert Rene Alberts. Seperti yang beberapa kali terlihat saat masih melatih PSM Makassar.

Yang paling diingat adalah pribadi Robert Alberts yang suka menyindir kinerja wasit di pertandingan. Dia bahkan tak ragu untuk mengecam kinerja wasit langsung usai pertandingan berakhir.

"Tidak ada yang salah dengan tim saya. Yang salah wasit!" ujar Robert beberapa waktu lalu, dengan nada meninggi," kecam Robert Rene Alberts usai pertandingan PSM vs Tira-Persikabo di Liga 1 2017 lalu.

"Selama lebih dari 20 tahun menjadi pelatih saya baru kali ini merasakan wasit tak mengindahkan Laws of The Games FIFA. Saya tahu di Indonesia banyak  korupsi, jadi tidak heran kalau hal ini terjadi," tambahnya.

Punya kinerja yang cukup bagus selama dua musim melatih PSM Makassar dan selalu berani menyuarakan pendapatnya, Robert Rene Alberts nampaknya cocok untuk Persib Bandung, yang ingin bangkit di Liga 1 2019.

Euforia Arema FC Juara Piala Presiden 2019

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
67%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%