Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Badak Lampung FC, 'Anak Bawang' Tak Mau Degradasi

Jumat, 10 Mei 2019 15:00 WIB
Penulis: Ronald Seger Prabowo | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© badaklampungfc/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Badak Lampumg FC Liga 1 2019. Copyright: © badaklampungfc/Eli Suhaeli/INDOSPORT
Profil tim Badak Lampumg FC Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Sebanyak 18 klub sepak bola Indonesia akan memperebutkan titel Liga 1 2019, salah satunya adalah Perseru Badak Lampung FC. Mereka termasuk kategori anak bawang musim ini. Kok bisa?

Badak Lampung FC merupakan klub yang bisa disebut klub baru di kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 setelah mengakuisisi lisensi klub Perseru Serui.

Awalnya, Perseru Serui yang dua musim terakhir Liga 1 selalu terseok-seok menjalani kompetisi, diterpa kabar kesulitan finansial setelah musim 2018 berakhir.

Hingga pada awal Maret 2019 lalu, Perseru pun diakuisisi oleh pengusaha asal Lampung, Djoko Sugito yang langsung memindahkan markas Perseru dari Serui, Papua ke Lampung.

Banyak yang menyesalkan akusisi Perseru Serui menjadi Badak Lampung FC. Pasalnya, dengan hilangnya Perseru, hanya tinggal Persipura Jayapura yang mewakili tanah Papua di Liga 1.

Namun, pecinta sepak bola nasional masih bisa melihat nama Perseru di Liga 1 2019. Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, nama klub yang keanggotaannya diakui adalah masih Perseru Serui.

Meski polemik soal perubahan nama dan segala urusan administrasi, kenyataannya di lapangan, Perseru Badak Lampung FC terus fokus mempersiapkan tim dengan berbagai uji coba.

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Striker anyar Badak Lampung FC, TA Musafri berlatih di Lestarindo Sport Garden, Boyolali. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTStriker anyar Badak Lampung FC, TA Musafri berlatih di Lestarindo Sport Garden, Boyolali. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

Seperti uji coba menghadapi Persijap Jepara pada tanggal 30 Maret 2019 lalu. Mereka tertinggal 2-0 dan mampu mengejar hingga pertandingan berakhir imbang 3-3.

Level klub yang jadi lawan tanding semakin berat, yaitu Barito Putera. Menghadapi klub yang konsisten di Liga 1 dalam beberapa musim terakhir, kalah 1-0 bukan hasil yang buruk untuk Badak Lampung.

Perkembangan di setiap uji coba yang dilakoni Badak Lampung FC pun juga diakui oleh pelatih Jan Saragih. Dia mengakui timnya masih banyak kekurangan, tapi bukan berarti tanpa kelebihan.

"Ya, anak-anak sejauh ini masih dalam tahap penyesuaian. Masih perlu ditingkatkan kecepatan memindahkan bola dari lini belakang, tengah lalu ke depan. Tapi secara garis besar ada perkembangan," ucap Jan saat ditanyai INDOSPORT, Rabu (24/4/19) sore.

"Berbicara target musim ini, bertahan di Liga 1 adalah kewajiban. Kami tentunya juga ingin bisa mencapai posisi yang bagus," katanya menambahkan.

Berdasarkan draft jadwal susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, Badak Lampung FC akan memainkan laga perdana di markas Tira-Persikabo, Stadion Pakansari, Sabtu (18/5/19). 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%