Liga Inggris

Promosi ke Liga Primer Inggris, Norwich Bisa Jegal Man City dan Liverpool

Minggu, 28 April 2019 15:17 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COMNorwich City sudah dipastikan mendapatkan tiket promosi ke Liga Primer Inggri (Premier League) pada musim depan. Itu terjadi ketika Norwich sukses mengoleksi 91 poin dan memuncaki klasemen sementara divisi Championship (kasta kedua Liga Inggris).

Meski posisi Norwich di puncak klasemen Championship masih bisa tergusur, namun mereka sudah dipastikan akan bersaing di kasta tertinggi sepak bola Inggris pada musim mendatang. Karena mereka tak mungkin finis di luar dua besar pada musim ini.

Karena saat ini divisi Championship hanya menyisakan satu pertandingan. Sementara peringkat kedua mengoleksi 88 poin (Sheffield United), dan Leeds United (posisi ke-3) hanya mengumpulkan 82 poin.

Artinya, Leeds United tidak akan mungkin bisa mendapatkan tiket promosi ke Liga Primer Inggris langsung pada musim ini. Meskipun Leeds United menang (Norwich dan Sheffield kalah), poin 85 mereka tak bisa masuk ke peringkat kedua.

Sekedar informasi, dua klub teratas yang ada di Championship berhak mendapatkan tempat otomatis di Liga Primer Inggris pada musim berikutnya. Sedangkan peringkar 3 sampai 6 harus melalui babak play off untuk memperebutkan satu tiket tersisa.

Absen 3 Musim

© Getty Images
Antonio Rudiger (kiri) berebut bola dengan pemain Norwich City Copyright: Getty ImagesAntonio Rudiger (kiri) berebut bola dengan pemain Norwich City

Norwich City bukan klub yang asing di telinga pecinta sepak bola, khususnya Liga Primer Inggris. Karena tim yang identik dengan warna kuning hijau tersebut beberapa kali memberikan perlawanan di Liga Primer Inggris.

Terakhir kali mereka beraksi di Liga Primer Inggris pada musim 2015/16 lalu. Meski saat itu mereka baru promosi dari divisi Championship, namun Norwich terpaksa turun kasta lagi pada musim berikutnya.

Pasalnya, klub yang mendapatkan julukan The Canaries tersebut harus mendeka di peringkat ke-19. Mereka mengalami kesulitan hingga membuatnya hanya menorehkan sembilan kemenangan sepanjang musim.

Padahal saat itu The Canaries memiliki pemain muda berbakat asal Inggris, yakni Nathan Redmond. Namun hanya memiliki satu bintang di skuatnya, tak membuat Norwich bisa bertahan di Liga Primer Inggris.