Liga Inggris

Sportivitas Jadi Alasan Leeds United Sengaja Lepas Tiket Promosi Liga Primer Inggris

Senin, 29 April 2019 14:37 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United. Copyright: © Getty Images
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United.

INDOSPORT.COM - Butuh kemenangan untuk mengamankan tiket promosi Liga Primer Inggris, pelatih Leeds United Marcelo Bielsa justru meminta anak asuhnya sengaja kebobolan. Sportivitas menjadi salah satu alasan Leeds akhirnya sengaja melepas tiket promosi ke Liga Primer Inggris.

Pertandingan sarat drama terjadi di divisi Championship Inggris, di mana tim yang sangat berpeluang untuk promosi ke Liga Primer Inggris musim depan, Leeds United justru sengaja membiarkan pemain Aston Villa mencetak gol dan membuat skor berubah imbang 1-1.

Drama di pertandingan yang berlangsung Minggu malam (28/04/19) itu sendiri bermula dari gol Leeds United yang dianggap tak sportif oleh para pemain Aston Villa. Karena saat itu, pemain Leeds Mateusz Klich mencetak gol di saat ada lawannya cedera di atas lapangan, dan pemain lain sudah berusaha menghentikan pertandingan.

Gol Klich yang direspons keras hingga memancing keributan dengan pemain Aston Villa itu lantas ditanggapi berkelas oleh pelatih Leeds Marcelo Bielsa. Dengan tegas, pelatih asal Argentina itu meminta para pemainnya, membiarkan Aston Villa mencetak gol dan menyamakan kedudukan.

Usai pertandingan, Bielsa menjelaskan bahwa keputusan itu dilakukannya demi nilai-nilai sportivitas. Di mana dirinya sadar betul bahwa gol yang lebih dulu dicetak pemainnya merupakan gol kontroversial.

"Orang-orang melihat fakta itu (gol Leeds yang kontroversial). Dan kami merespon fakta itu dengan melakukan hal tersebut (membiarkan Aston Villa mencetak gol). Sportivitas adalah hal yang biasa di sepak bola Inggris," jelas Bielsa , dikutip dari situs berita sport, Goal Internasional.

Dengan hasil imbang tersebut, Leeds United dipastikan batal untuk langsung promosi ke Liga Primer Inggris karena mereka kini tergeser ke peringkat tiga oleh Sheffield United.

Namun untuk bisa promosi ke Liga Primer Inggris musim depan, Leeds sebenarnya masih memiliki peluang, lewat jalur playoffs yang akan dilangsungkan pada Mei mendatang.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%