Bola Internasional

4 Calon Pemain Timnas Indonesia yang Berkarier di Liga Belanda

Selasa, 30 April 2019 14:30 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Isman Fadil
© VI Images/Getty Images
Benjamin van Leer saat mengikuti sesi latihan di Ajax Amsterdam. Copyright: © VI Images/Getty Images
Benjamin van Leer saat mengikuti sesi latihan di Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM – Indonesia saat ini memang dikenal menjadi salah satu negara yang getol melakukan naturalisasi pemain untuk memperkuat Timnas dalam laga internasional. Tercatat sudah ada nama pemain dari beberapa negara yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Naturalisasi bisa bagi pemain asing yang sudah lama merumput di Indonesia seperti Greg Nwokolo, Beto Goncalves dan Bio Paulin. Sementara dari sisi lain, beberapa pemain tercatat sudah menjadi WNI karena memiliki keturunan darah Indonesia dari keluarga mereka.

Pemain yang menjadi WNI karena keturunan darah biasanya pemain asal Belanda. Tercatat ada nama seperti Stevano Lilipaly, Diego Michels, Ezra Walian, dll. Namun tidak semua pemain naturalisasi tersebut bisa menunjukkan performanya usai mendapatkan KTP Indonesia.

Pemain seperti Jhonny van Beukering, Tony Cussel dan Ruben Wuarbanaran menjadi contoh program naturalisasi yang gagal dijalankan. Usai menjadi WNI, nama mereka justru meredup dan tidak mampu bersaing dengan pemain asli Indonesia di level timnas maupun klub.

Saat ini Indonesia yang tengah berjuang di bawah pelatih anyar Simon Mcmenemy untuk mengembalikan performa apik, ada potensi empat nama pemain Liga Belanda yang bisa memperkuat Timnas karena memiliki darah Indonesia: