Liga Inggris

Disebut Tim Kacangan, Oxford United Ternyata Pernah Hasilkan Pemain Bintang

Selasa, 30 April 2019 16:33 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COMOxford United, tim yang dimiliki dua pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir dan Anindya Bakrie yangh dianggap 'kacangan' ternyata pernah hasilkan bintang sepak bola dunia. Siapa sajakah mereka?

Usai resmi mengakuisis Oxford United, Anin dan Erick Thohir pun menyampaikan target mereka bersama Oxford United, yang ingin bermain di kasta sepak bola tertinggi Inggris, Premier League.

"Kami bertekad akan mengantar Oxford melangkah ke Divisi Championship. Klub ini punya potensi besar, bahkan bisa sampai bermain di Premier League seperti Leicester City," ujar Anindya Bakrie di situs resmi klub.

Oxford United sendiri saat ini masih berlaga di Football League One (kasta ketiga sepak bola Inggris). Mereka saat ini berada di posisi ke-11 klasemen sementara musim 2018/19 ini.

Secara sejarah memang Oxford United tak punya catatan manis di Liga Primer Inggris, bahkan bisa disebut tim ini merupakan 'tim kacangan' yang berisikan pemain dengan kualitas cukup rendah.

Namun meski tak pernah mentas di Liga Primer Inggris, namun tim berjuluk 'The Boys from Up the Hill' ini sempat melahirkan beberapa bintang yang berhasil membela tim-tim besar Eropa.

Berikut INDOSPORT.COM coba merangkum deretan bintang sepak bola dunia yang pernah lahir dari Oxford United, tim yang saat ini diakusisi dua pengusaha asal Indonesia.

1. Dean Saunders
Pemain asal Wales ini berseragam Oxford United pada musim 1987–1988 lalu. Dari 59 penampilan, Dean sukses mencetak 22 gol dan membuat tim Derby County terpikat untuk meminangnya.

Saat bersama Derby County bakatnya semakin terasa, dan pada tahun 1991, The Reds Liverpool resmi memboyongnya. Selama berseragam Liverpool, Dean Saunders berhasil mencatatkan 42 penampilan dan menorehkan 11 gol.

2. John Aldridge
Sama dengan Dean Saunders, penyerang kelahiran Inggris ini juga pernah memperkuat Oxford United dan bergabung dengan The Reds Liverpool pada tahun 1980an, tepatnya pada musim 1984 sampai 1987.

© Getty Images
John Aldridge tertawa selama pertandingan amal LFC Foundation antara Liverpool FC Legends dan FC Bayern Legends di Anfield. Copyright: Getty ImagesJohn Aldridge tertawa selama pertandingan amal LFC Foundation antara Liverpool FC Legends dan FC Bayern Legends di Anfield.

Bedanya John Aldridge langsung direkrut Liverpool dari Oxford United, dan berhasil membawa Liverpool meraih Football League First Division musim 1987–88, FA Cup musim 1988–89 dan FA Charity Shield pada tahun 1988 dan 1989.

3. Kemar Roofe
Jika sebelumnya para pemain bintang Oxford United berasal dari tahun 1990 dan 1980-an, kali ini ada bintang yang muncul di era sepak bola modern.

Adalah Kemar Roofe, yang bakatnya kecium Leeds United meski sang pemain memperkuat Oxford United yang bermain di Football League Two atau kasta ketiga Liga Inggris.

Bergabung bersama Leeds sejak musim 2016 lalu, striker kelahiran Walsall ini telah mencetak 28 gol dari 104 penampilan, dan berpotensi membawa Leeds United promosi ke kasta teratas Liga Inggris musim depan.

Saat ini, Leeds masih tertahan di peringkat ketiga, dan dengan sisa satu laga sisa mereka hampir pasti tampil di babak play-off untuk meraih tiket ke Liga Primer Inggris musim depan.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT