Liga Champions

Hati-hati Ajax! Tottenham Punya Bek yang Kerap Cetak Gol Krusial

Selasa, 30 April 2019 15:41 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Aksi selebrasi bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Aksi selebrasi bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld.

INDOSPORT.COMTottenham vs Ajax, tim tamu wajib waspada dalam leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 nanti, lantaran The Lilywhites punya bek tangguh yang kerap cetak gol di momen krusial. Siapakah dia?

Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 antara Tottenham vs Ajax, bakal berlangsung pada Rabu (01/05/19) dini hari WIB dan bertempat di stadion Tottenham Hotspur.

Jelang laga tersebut, Tottenham yang meski bertindak sebagai tuan rumah tengah dalam keadaan kurang baik lantaran menelan kekalahan tipis 0-1 dari West Ham United di markas sendiri pada pekan ke-36 Liga Primer Inggris.

Hasil negatif tersebut bakal menjadi modal penting Ajax untuk meraih kemenangan, apalagi mereka belum pernah terkalahkan dalam lima pertandingan terakhir termasuk mengkandaskan Juventus 1-2 di leg kedua 8 besar lalu.

Tak cuma unggul dari segi statistik, Ajax pun diuntungkan dari segi stamina lantaran mereka mendapat jatah libur seminggu lebih dari federasi sepak bola Belanda. Sedangkan Tottenham cuma punya waktu 3 hari untuk rehat.

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Prediksi pertandingan Tottenham  vs Ajax. Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky SyahputraPrediksi pertandingan Tottenham vs Ajax.

Meski secara statistik dan jadwal rehat Ajax lebih diunggulkan, namun mereka tak boleh meremehkan Tottenham Hotspur, apalagi Spurs akan kembali diperkuat bek tangguh yang bercita rasa striker di laga ini.

Adalah Toby Alderweireld, pemain bertahan berusia 30 tahun itu tak cuma rajin dalam mengawal lini pertahanan, namun juga piawai saat mengeksekusi bola menjadi sebuah gol.

© Marc Atkins/GETTYIMAGES
Toby Alderweireld, bek Tottenham Hotspur saat sedang minum di sela-sela pertandingan. Copyright: Marc Atkins/GETTYIMAGESToby Alderweireld, bek Tottenham Hotspur saat sedang minum di sela-sela pertandingan.

Bukan sekedar gol biasa, Toby Alderweireld berhasil menciptakan gol di momen-momen krusial bahkan sering menjadi penentu kemenangan untuk Tottenham.

Total dari 390 pertandingan yang telah ia jalani, Toby berhasil mencetak 24 gol. Beberapa gol pentingnya terjadi saat berhadapan dengan tim-tim besar macam Arsenal, Manchester United, Manchester City dan AC Milan.

Pada musim 2015/16 menjadi musim terbaik Toby Alderweireld di mana dirinya mampu mencetak gol ke gawang tim empat besar Liga Primer Inggris.

No Laga Skor Akhir Gol Toby Alderweireld
1 Tottenham Hotspur vs Manchester City 4:1 2:1
2 Tottenham Hotspur vs West Ham United 4:1 2:0 
3 Tottenham Hotspur vs Arsenal FC 2:2 1:1
4 Tottenham Hotspur vs Manchester United 3:0 2:0

Dengan statistik cukup mengerikan tersebut, tim Ajax harus berhati-hati dengan pergerakan Toby Alderweireld saat berada di kotak penalti mereka. Andai lengah sedikit, tak menutup kemungkinan jika pemain asal Belgia ini mampu mencetak gol dan memberikan mimpi buruk kepada Ajax.

Vlog Piala Indonesia, Hujan Gol Laga Bhayangkara vs PSM

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT