Bola Internasional

Benjamin van Leer, Kiper Ajax Keturunan Indonesia yang Pernah Blunder Mirip Karius

Selasa, 30 April 2019 13:21 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Socrates Images/Getty Images
Kiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer yang bergabung ke Ajax Amsterdam lalu dipinjamkan ke NAC Breda. Copyright: © Socrates Images/Getty Images
Kiper keturunan Indonesia, Benjamin van Leer yang bergabung ke Ajax Amsterdam lalu dipinjamkan ke NAC Breda.

INDOSPORT.COM - Karier kiper Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Benjamin van Leer, memang tidak berjalan mulus, ia bahkan sempat melakukan blunder mirip kiper Liverpool yang kini merumput di Besiktas, Loris Karius.

Blunder tersebut terjadi belum lama ini dalam sebuah pertandingan Eredivisie yang merupakan liga tertinggi di sepak bola Belanda. Van Leer sendiri kini berstatus pemain pinjaman NAC Breda dari Ajax.

Sebagai kiper, Van Leer tentu memiliki banyak momen menegangkan ketika menangkis bola dari para pemain lawan, termasuk saat laga NAC Breda vs Feyenoord, pada hari Kamis (25/04/19) lalu.

Feyenoord yang sudah memimpin satu gol sedang mencoba memperbesar keunggulan lewat serangan para striker-nya jelang berakhirnya babak pertama. Bola yang digiring Dylan Vente pun berhasil menembus gawang Van Leer berkat aksi blunder yang mirip Karius.

Sekitar menit ke-45, Vente menendang bolanya ke arah gawang NAC Breda. Sempat berusaha menghalau, Van Leer tetap tidak bisa melawan kuasa Tuhan lantaran tangkisan bolanya tidak sempurna dan malah melesat masuk ke gawang sendiri.

Peristiwa ini mengingatkan pada aksi Karius saat final Liga Champions 2017/18 saat kebobolan oleh Gareth Bale pada menit ke-83. Sebelumnya, ia bahkan sudah melakukan blunder fatal di hadapan seorang Karim Benzema.

Pertandingan sepak bola antara NAC Breda vs Feyenoord pada saat itu pun berakhir dengan skor 4-0. NAC Breda kini berada di posisi buncit Eredivisie dengan 22 poin.

Van Leer diboyong ke Ajax pada tahun 2017 lalu namun cukup jarang mendapat kesempatan bermain di skuat utama klub raksasa Belanda tersebut. Terpinggirkan, Van Leer lalu dipinjamkan ke NAC Breda dan kini malah berkutat di posisi terbawah liga. 

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM