Liga Indonesia

Juga Ezra Walian, 5 Pemain Indonesia Pernah Main di Ajax Amsterdam

Rabu, 1 Mei 2019 11:29 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Beberapa pemain Indonesia yang pernah bermain di Ajax Amsterdam, diantaranya Ezra Walian. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Beberapa pemain Indonesia yang pernah bermain di Ajax Amsterdam, diantaranya Ezra Walian.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini Ajax Amsterdam menjadi bahan perbincangan publik. Sejarahnya, ada beberapa pemain Indonesia yang pernah main di klub tersebut.

Ajax dielu-elukan usai mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/2019. Sebagai tim tamu, wakil Belanda itu bermain cemerlang di laga tersebut.

Meski bisa dibilang permainan kedua tim berjalan seimbang, akan tetapi Ajax Amsterdam bisa tampil begitu cerdik lewat gol tunggal Donny van de Beek (15').

Jelas, Ajax merupakan klub yang menghasilkan pemain-pemain bintang. Beberapa nama seperti Marco vn Basten, Dennis Bergkamp, hingga Johan Cryuff lahir dari akademi Ajax.

© INDOSPORT
Logo Ajax. Copyright: INDOSPORTLogo Ajax Amsterdam.

Selain itu, Ajax juga ternyata menjadi klub yang sempat menjadi persinggahan bagi para pemain Indonesia yang tinggal di Belanda seperti Ezra Walian.

Oleh karenanya, mari melihat beberapa pemain Indonesia yang pernah bermain di Ajax Amsterdam sejauh ini. Berikut ulasannya.

1. Irvin Museng

© ISTIMEWA
Caption Copyright: ISTIMEWAIrvin Museng pernah bermain untuk Ajax Amsterdam.

Pemain Indonesia pertama yang pernah mencicipi pendidikan sepak bola di klub sebesar Ajax Amsterdam ialah Irvin Museng pada 2006 silam.

Irvin membuat jagat sepak bola Indonesia tercengang usai dirinya diterima di tim junior Ajax Amsterdam usai menjadi top skor Danone Nations Cup, Prancis 2005.

Akan tetapi kariernya di Ajax tak berjalan mulus. Usai keluar dari Ajax, ia hanya membela tiga klub Indonesia saja seperti Pro Duta FC, Medan Chiefs, dan Persiba Balikpapan.

Kini, Irvin Museng hanya menjadi pesepak bola amatir saja. Hal itu terlihat dari beberapa unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya.

2. Tonnie Cusell

© Sidomi
Tonnie Cussel. Copyright: SidomiPemain naturalisasi asal Belanda Tonnie Cusell, yang pernah berkirpah di Ajax.

Kemudian ada Tonnie Cusell, pemain naturalisasi asal Belanda yang pernah bermain untuk Ajax Amsterdam, tepatnya di Ajax Amateurs pada 2013/14 dan 2015/16.

Ajax Amateurs sendiri adalah bagian dari Ajax Amsterdam. Ajax Amateurs saat ini berkompetisi di Derde Divisie, atau kasta keempat sepak bola Belanda.

Belakangan ini, pemain 36 tahun tersebut sempat dikaitkan dengan Persija. Akan tetapi, rumor tersebut menguap begitu saja dan kabar Cusell juga tidak diketahui.

3. Nathan Muskitta

© Instagram/Nathan Muskitta
Nathan Muskitta, pemain muda Indonesia di Ajax Amsterdam. Copyright: Instagram/Nathan MuskittaNathan Muskitta, pemain muda Indonesia di Ajax Amsterdam.

Selanjutnya ada Nathan Muskitta yang sempat menjadi bagian Ajax Amsterdam pada 2018 lalu. Dirinya mengunggah foto yang memperlihatkan sedang bertanding dengan mengenakan jersey Ajax.

Menurut ayahnya, Iwan Muskitta, anaknya saat itu sedang dalam tahap seleksi dan negosiasi untuk bergabung dengan Ajax.

"Namun bisa dikonfirmasi hingga nanti kalau dia sudah tanda tangan kontrak," ujar Iwan kepada INDOSPORT, Oktober 2018 lalu.

Kini kabar Nathan Muskitta belum diketahui akankah sudah bergabung dengan Ajax ataupun sedang mencari klub baru lainnya.

4. Irfan Bachdim

© Muhammad Qomarudin/INDOSPORT
Penyerang Bali United, Irfan Bachdim. Copyright: Muhammad Qomarudin/INDOSPORTPenyerang Bali United, Irfan Bachdim.

Berikutnya ada Irfan Bachdim yang merupakan jebolan Ajax Amsterdam pada 1998-2000. Selama dua musim ia mengemban ilmu di klub tersebut saat masih tinggal di Belanda.

Selepas hengkang dari Ajax, Irfan sempat pindah ke beberapa klub seperti FC Utrecht, Haarlem, Persema Malang, Chonburi FC, Sriracha FC, Ventforet Kofu, Hokkaido Consadole Sapporo, dan kini Bali United.

5. Ezra Walian

© INTERNET
Aksi pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Ezra Walian saat mengontrol bola. Copyright: INTERNETAksi pemain Ajax Amsterdam keturunan Indonesia, Ezra Walian saat mengontrol bola.

Terakhir ada Ezra Walian yang juga merupakan pemain jebolan Ajax Amsterdam. Ezra bergabung pada 2012 hingga 2016 alias selama empat musim.

Performa apiknya membaut Ezra naik ke skuat Jong Ajax pada musim 2016/2017 dengan mengoleksi lima gol dari 22 penampilan.

Lalu, ia direkrut oleh Almere City pada 2017. Selama semusim ia mengemas empat gol dari 15 penampilan dan kini dipinjamkan ke RKC Waalwijk dan sudah membuat 13 laga dan dua gol.

Terus Ikuti Update Ajax Amsterdam dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.