Liga Indonesia

Legenda Timnas Indonesia Desak PSSI Fokus pada Kompetisi Usia Muda

Rabu, 1 Mei 2019 06:02 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Prio Hari Kristanto
© Theresia Ruth Simanjuntak/INDOSPORT
Kurniawan Dwi Yulianto saat ditemui setelah laga eksibisi melawan LaLiga Legends di Shah Alam, Malaysia, Minggu (28/04/19). Copyright: © Theresia Ruth Simanjuntak/INDOSPORT
Kurniawan Dwi Yulianto saat ditemui setelah laga eksibisi melawan LaLiga Legends di Shah Alam, Malaysia, Minggu (28/04/19).

INDOSPORT.COM – Mantan pemain sepak bola, Kurniawan Dwi Yulianto, menilai perlu ada keberlanjutan dari kompetisi usia muda yang dibuat PSSI. 

Kurniawan Dwi Yulianto prihatin dengan kondisi sepak bola Indonesia yang tak kunjung lepas dari beragam masalah.

Legenda Timnas Indonesia tersebut beranggapan bahwa situasi tidak kondusif yang dihadapi PSSI membuat sejumlah program yang harusnya dijalankan oleh induk sepak bola Indonesia itu menjadi berantakan.

“Sebagai masyarakat biasa, saya sedih. Sebagai praktisi sepak bola saya juga sedih dengan kondisi sepak bola kita,” tutur Kurniawan eksklusif kepada awak portal berita olahraga INDOSPORT.

Salah satu poin yang disoroti Kurniawan adalah pembinaan usia dini. Eks pemain yang akrab disapa Si Kurus itu menyatakan harus ada kompetisi berjenjang untuk menampung potensi-potensi pemain sepak bola muda di Indonesia.

“Adanya kompetisi reguler di kelompok umur seperti Elite Pro Academy U-16, U-18, U-20 memang dibutuhkan untuk kemajuan sepak bola Indonesia selain kompetisi senior,” imbuhnya.

Selain memuji keberadaan kompetisi belia yang sudah ada, Kurniawan menambahkan perlu ada keterlanjutan dari kompetisi tersebut agar hasilnya bisa dilihat sampai jenjang senior.

“Kompetisi di kelompok umur penting buat timnas. Kita tahu bahwa timnas junior sering bagus, tapi mentok di situ saja dalam hal peningkatan jam terbang,” tegas mantan pemain Pelita Jaya, Persebaya, dan Persija tersebut.

Kurniawan berharap, kondisi sepak bola Indonesia segera beranjak ke arah lebih baik dan PSSI mampu menjalankan program-program yang sudah direncanakan sebelumnya.

“Saya berharap agar tidak berlarut-larut karena program-program dari PSSI yang bagus takutnya bisa tertunda,” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM