Liga Inggris

Marcelo Bielsa: Pelatih Kontroversial seperti Mourinho yang Dikagumi Guardiola

Rabu, 1 Mei 2019 21:44 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bryn Lennon/Getty Images
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United. Copyright: © Bryn Lennon/Getty Images
Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United.

INDOSPORT.COM - Nama pelatih asal Argentina, Marcelo Bielsa beberapa hari ini menjadi buah bibir usai dengan sengaja membiarkan timnya, Leeds United, kebobolan.

Keputusan yang dilakukan Bielsa dalam laga  Leeds United vs Aston Villa itu tak lepas dari gol kontroversial yang dicetak pemainnya Mateusz Klich, yang dianggap menyalahi nilai-nilai sportivitas. 

Semakin menjadi sorotan, karena keputusan tersebut justru membuat Leeds United gagal meraih tiket promosi langsung ke Liga Primer Inggris musim depan. Padahal tiket itu sebenarnya bisa diamankan jika saat itu mampu mengalahkan Aston Villa.

Namun kendati merugikan timnya, keputusan Bielsa itu justru mengundang banyak respons postif berbagai kalangan sepak bola dunia. Respons yang secara langsung semakin meningkatkan kualitas Bielsa yang memang selama ini sudah dikenal sebagai sosok pelatih jenius.

Mengenai kejeniusan, kualitas Bielsa memang sudah sejak lama dikagumi oleh berbagai pihak. Termasuk oleh beberapa pelatih hebat di dunia saat ini. Salah satunya, pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

Pelatih yang sukses meraih banyak gelar prestisius bersama Barcelona, Bayern Munchen, hingga Manchester City itu bahkan tak ragu untuk menyebut Bielsa sebagai pelatih terbaik dunia.

"Kekaguman saya pada Marcelo Bielsa sangat besar karena ia membuat pemain-pemain menjadi lebih baik," kata Guardiola dikutip Sky Sports.

"Saya tidak pernah mendengar mantan pemain Marcelo Bielsa yang membicarakan hal-hal buruk tentangnya. Bagi saya, ia adalah pelatih terbaik di dunia," jelasnya.