Liga Champions

Prediksi Pertandingan Liga Champions 2018/19: Barcelona vs Liverpool

Rabu, 1 Mei 2019 19:29 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Pertangdingan Barcelona vs Liverpool. Grafis:Yanto/Indosport.com Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Pertangdingan Barcelona vs Liverpool. Grafis:Yanto/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pertandingan dua raksasa sepak bola Eropa antara Barcelona vs Liverpool akan tersaji di leg pertama semifinal Liga Champions 2018/19 dinihari nanti, Kamis (02/05/19).

Dengan kekuatan kedua tim saat ini, menjadi sulit memang untuk menerka tim mana yang layak untuk di unggulkan.

Namun di laga leg pertama nanti, rasanya Barcelona layak untuk dikedepankan sebagai pemenang, melihat status mereka sebagai tuan rumah.

Dengan rekor tak terkalahkan sepanjang gelaran Liga Champions 2018/19 ini, memang menjadi misi berat untuk Liverpool. Apa lagi The Reds datang ke Camp Nou dengan catatan di Liga Champions 2018/19 yang tak sepenuhnya impresif.

Liverpool sudah tiga kali merasakan kekalahan di Liga Champions 2018/19 ini, yang semuanya terjadi di laga tandang (Napoli, Red Star dan PSG). Sementara dua hasil lainya berujung kemenangan (lawan Bayern Munchen dan Porto).

Namun meski lebih sedikit, dua kemenangan Liverpool itu harus menjadi hal yang sangat dicermati Barcelona. Karena terjadi di dua laga terkhir The Reds di Liga Champions. Dengan kata lain, Liverpool sudah mengalami peningkatan kualitas dalam laga tandangnya.

Satu lagi yang harus diwaspadai Barcelona, fakta bahwa Liverpool merupakan satu di antara sedikit tim yang mampu mengalahkan mereka di Nou Camp dalam gelaran Liga Champions. Itu terjadi saat pertemuan terakhir mereka, di 16 besar Liga Champions 2006/07.

Dengan fakta-fakta di atas, pada akhirnya memang Barcelona masih pantas untuk diunggulkan menang. Meski kemungkinan hanya akan terjadi dalam selisih skor yang berjarak satu gol.

© Grafis:Yanto/Indosport.com
Pertangdingan Barcelona vs Liverpool. Grafis:Yanto/Indosport.com Copyright: Grafis:Yanto/Indosport.com

Player to Watch

Lionel Messi (Barcelona)

10 gol dari 8 laga di Liga Champions adalah gambaran jelas bahwa Lionel Messi masih merupakan pemain Barcelona yang harus paling diwaspadai Liverpool di laga nanti.

Semakin nyata, ketika torehan Messi itu hanya bisa terkejar oleh Coutinho dan Dembele yang hanya mengemas tiga gol buat Barcelona di Liga Champions.

Kewaspadaan Liverpool akan sosok Messi juga patut ditekankan, karena Messi kemungkinan besar akan mati-matian mencetak gol ke gawang lawannya asal Inggris itu. 

Mengingat hingga saat ini, Liverpool merupakan salah satu klub yang gawangnya belum pernah dibobol Messi dalam dua kali pertemuannya.

Virgil van Dijk (Liverpool)

Menjadi kontra strategi kehadiran Messi di Barcelona, di kubu Liverpool ada seorang Virgil van Dijk yang akan berhadapan langsung dengan bintang Blaugrana itu.

Dengan kualitasnya, Van Dijk jelas lawan yang sepadan untuk Messi. Catatan rata-rata 4,1 kali memenangkan duel area per laga adalah salah satu tolok ukur jelas, betapa menjanjikannya kualitas pemain asal Belanda itu untuk bisa mematikan Messi.

Sebagai pemain belakang yang mampu menggalang pertahanan dengan baik, Van Dijk nyatanya juga memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membangun serangan.

Buktinya, pemain terbaik Liga Primer Inggris 2018/19 sudah mampu menciptakan 87,7 persen umpan sukses per laga, termasuk rataan 0,9 tendangan ke arah gawang di Liga Champions 2018/19.

Curhat Sutiyoso Susah Payah Bangun Persija

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT