Liga Indonesia

Media Asing Soroti Kemampuan Istimewa Bambang Pamungkas

Kamis, 2 Mei 2019 16:58 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Prestasi yang dicatatkan pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas rupanya mendapat atensi dari media asing FOX Sports. Media asal Amerika Serikat itu mengapresiasi catatan gol fantastis Bambang bersama Timnas Indonesia.

Bambang yang melakoni debut bersama Timnas Sepak Bola Indonesia pada tahun 1999 merupakan pemain dengan caps terbanyak bagi Tim Merah Putih. Pemain yang kini berusia 38 tahun itu tercatat 86 kali pernah membela Timnas Indonesia senior.

Tak hanya menjadi pemain dengan penampilan terbanyak bagi Timnas Indonesia, pemain yang akrab disapa Bepe itu juga merupakan pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Timnas Indonesia.

Dari 86 penampilan bersama Timnas Indonesia, Bambang megoleksi 38 gol. Pemain yang identik dengan nomor punggung 20 itu hanya kalah dari legenda sepak bola Indonesia Soetjipto Soentoro yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Timnas Indonesia dengan 57 gol.

Selain dinilai punya naluri gol yang tajam di kotak penalti, kemampuan istimewa Bambang di udara juga menjadi sorotan. Jebolan Diklat Salatiga itu memang dikenal sebagai pemain yang jago duel udara dan punya sundulan maut.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh FOX Sports Asia (@foxsportsasia) pada

Di level klub, nama Bambang Pamungkas menjadi legenda di Persija Jakarta. Bersama klub Ibu Kota tersebut, Bambang sukses mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia 2001 dan trofi Liga 1 2018.

Selain sukses di dalam negeri, Bambang juga meraih prestasi di luar negeri. Ketika membela klub Malaysia, Selangor FA pada periode 2005-2007, ia berhasil mempersembahkan gelar juara Liga Primer Malaysia 2005, Piala Malaysia 2005, dan juga Piala FA Malaysia 2005.

Sedangkan di level internasional, Bambang mencatatkan prestasi sebagai top scorer Piala Tiger (sekarang Piala AFF) 2002. Ia juga empat kali membawa Timnas Indonesia melaju ke babak final Piala AFF, yakni tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM