Liga Indonesia

Menjelang Bulan Ramadan, Persib Bimbang Tentukan Latihan Sore atau Malam

Kamis, 2 Mei 2019 18:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© twitter.com/@persib
Persib Bandung saat sesi foto tim jelang pertandingan leg pertama perempat final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 di Stadion Segiri, Rabu (24/4/19) sore. (twitter.com/@persib) Copyright: © twitter.com/@persib
Persib Bandung saat sesi foto tim jelang pertandingan leg pertama perempat final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 di Stadion Segiri, Rabu (24/4/19) sore. (twitter.com/@persib)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic, harus mempersiapkan program latihan yang pas bagi anak asuhnya selama bulan Ramadan mengingat mayoritas pemain akan menunaikan ibadah puasa. 

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, Radovic tak merasa khawatir dengan aktivitas latihan di bulan Ramadan. Pasalnya, program latihan sudah didiskusikan dan disiapkan bersama staf pelatih. 

Hanya saja, masalah waktu latihan yang saat ini masih dalam pembahasan jajaran pelatih. Jika mempertimbangkan efektivitas lebih baik latihan digelar pada malam hari. 

"Diskusi kami hanya seputar waktu latihan karena bagaimana pun sebetulnya efektifnya latihan malam hari. Ketika malam mereka latihan bisa minum setiap kali haus atau sekadar ingin minum," kata Yaya di Lapangan Saraga ITB, Kota Bandung, Kamis (1/5/19). 

Yaya menambahkan, beraktivitas selama di bulan Ramadan bukan yang pertama bagi mayoritas pemain Persib sehingga tak menutup kemungkinan latihan digelar pada sore hari. 

"Kalau misalnya sore lebih cenderung kepada adaptasi, tapi seandainya memang pemain lebih nyaman latihan sore, kami akan coba mencari alternatif di sore seperti tahun-tahun terdahulu," jelasnya. 

Sekadar mengigatkan, kick-off Liga 1 2019 akan digelar pada 15 Mei 2019 atau saat bulan puasa memasuki pekan pertama. Saat ini pelatih Persib terus mematangkan persiapan anak asuhnya untuk tampil di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

Apalagi, seluruh pertandingan selama bulan Ramadan akan digelar pada malam hari, yakni sekitar pukul 20.30-21.00 WIB. Jadwal itu menyesuaikan dengan pemain yang terbiasa beribadah shalat tarawih.

Curhat Sutiyoso Susah Payah Bangun Persija

Ikuti Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT