Bola Internasional

Jadi Pro Kontra Ahli Medis, Iker Casillas Harus Pensiun Pasca Terkena Serangan Jantung?

Jumat, 3 Mei 2019 14:32 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Ada perbedaan pendapat di kalangan ahli medis terkait apakah Iker Casillas boleh bermain lagi atau tidak paska terkena serangan jantung. Copyright: © Getty Images
Ada perbedaan pendapat di kalangan ahli medis terkait apakah Iker Casillas boleh bermain lagi atau tidak paska terkena serangan jantung.

INDOSPORT.COM - Kiper andalan Porto, Iker Casillas, masih harus beristirahat pasca mengalami serangan jantung. Namun, ada perbedaan dan pro kontra pendapat terkait apakah penjaga gawang tersebut boleh bermain sepak bola lagi atau harus pensiun.

Pada Rabu (01/05/19), Casillas terkena serangan jantung saat melakukan latihan. Sehingga, ia langsung dilarikan ke rumah sakit yang ada di Portugal. Meski demikian, kabar terakhir menyebutkan bahwa Casillas sudah membaik dan bisa meninggalkan rumah sakit dalam waktu tiga hari. 

Hanya saja, ada dua pakar yang memiliki perbedaan pendapat mengenai kondisi mantan penjaga gawang Real Madrid tersebut seperti yang dilansir di laman portal berita olahraga El Pais.

Seorang kardiologis bernama Juan Antonio Corbalan memberikan kesimpulannya bahwa Casillas sudah tidak mungkin bermain sepak bola lagi.

"Anda tidak bisa bermain sepak bola lagi dengan ring di jantung. Casillas memang akan sembuh, tapi saya tidak yakin dia bisa bermain sepak bola lagi," ungkap Corbalan.

Sementara itu, salah satu dokter di Porto yang bernama Nelson Puga, mengatakan ia tidak akan mengambil kesimpulan dengan cepat. Hal itu karena butuh banyak proses untuk bisa memastikan apakah Casillas masih bisa bermain sepak bola atau belum.

"Kondisi ke depan Iker tergantung dari pengobatan macam apa yang ia butuhkan, bagaimana dia bisa mengontrol stres, dan apakah dia punya tekad yang sangat kuat untuk kembali bermain. Masih ada proses yang sangat panjang untuk bisa menentukan apakah dia boleh kembali bermain atau tidak," ujar Puga.

Jika Casillas benar-benar harus pensiun, maka Porto akan kehilangan salah satu kiper terhebat di dunia itu. Apalagi, pemain 'nomor 1' di klub itu telah membela Porto sejak 2015 berhasil melakukan penyelamatan 74 kali dari total 156 pertandingan.

Curhat Sutiyoso Susah Payah Bangun Persija

Ikuti Terus Perkembangan Berita Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%