Bola Internasional

Juara di Polandia, Egy Maulana Vikri 'Langkahi' 3 Bintang Serie A Italia

Jumat, 3 Mei 2019 19:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Titel Piala Polandia 2018/19 yang diraih Lechia Gdansk membuat Egy Maulana Vikri berada ‘di atas’ para bintang Timnas Polandia yang merumput di Serie A Italia. Pasalnya, banyak dari mereka yang belum merasakan salah satu titel domestik bergengsi di negara asalnya tersebut.

Selain 'dilangkahi' Egy, para bintang Polandia yang merumput di Italia itu juga ‘kalah’ dari rekan senegaranya yang memiliki cap Timnas Polandia seperti Robert Lewandowski, Kamil Grosicki, dan Ariel Borysiuk.

Berikut ini, INDOSPORT.com akan menjelaskan secara singkat mengenai bintang Serie A Italia berkebangsaan Polandia namun belum pernah sekali pun meraih titel Piala Polandia.

1. Krzysztof Piatek

Striker yang tengah membela AC Milan ini pernah berkiprah di dua klub berbeda di Ekstraklasa (kasta tertinggi sepak bola Polandia). Zaglebie Lubin menjadi klub pertamanya di kancah profesional sejak 2013/14 hingga 2016/17. Kemudian, pada awal musim 2016/17, Piatek dibeli oleh Cracovia Krakow dengan harga 700 ribu euro (sekitar 11,1 miliar rupiah).

Langkah terjauhnya di Piala Polandia ialah pada musim 2015/16 saat membela Zaglebie Lubin. Ia melaju hingga perempatfinal sebelum takluk oleh Lech Poznan yang kala itu berhasil menembus final. Sepanjang bermain di kompetisi yang sama, ia mencatatkan sembilan penampilan dengan torehan tiga gol.

2. Arkadiusz Milik

Milik pernah berlaga di Ekstraklasa bersama Gornik Zabrze pada musim 2011/12 dan 2012/13. Striker Napoli berusia 25 tahun ini hanya bisa mencapai babak perdelapanfinal Piala Polandia bersama Zabrze pada musim pertamanya. Dalam dua musim Piala Polandia tersebut, ia mencatatkan satu gol dan satu assist dalam dua penampilan.

Dalam dua musim tersebut, Milik yang masih berusia di bawah 20 tahun telah menjadi pilihan utama di lini depan. Namun, kariernya di Ekstraklasa berakhir setelah dibeli oleh Bayer Leverkusen dengan harga 2,6 juta euro (setara 41,5 miliar rupiah).

3. Wojciech Szczesny

Kiper Juventus yang telah mencatatkan 41 caps untuk Timnas Polandia ini pernah memperkuat akademi Legia Warsawa pada 2004/2005. Sebelumnya, pemain yang telah berusia 29 tahun ini didatangkan dari Agrykola Warsawa saat akan menginjak 15 tahun.

Namun, sebelum sempat bermain di kancah Ekstraklasa dan Piala Polandia, bakat Szczesny tercium oleh klub akademi Liga Primer Inggris, Arsenal U-18. Ketika berusia 16 tahun, ia didatangkan oleh klub yang kala itu masih diasuh oleh Arsene Wenger tersebut dengan biaya yang relatif mahal untuk pemain seusianya, yakni 50 ribu euro (sekitar 797 juta rupiah).

Curhat Sutiyoso Susah Payah Bangun Persija

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM