Liga Indonesia

Menakar Peluang Shodai Nishikawa di Madura United dengan 3 Pemain Liga 1 Asal Jepang

Jumat, 3 Mei 2019 17:58 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport
Menakar peluang Shodai Nishikawa dengan tiga pemain Jepang yang telah membela klub Liga 1 2019. Copyright: © Indosport
Menakar peluang Shodai Nishikawa dengan tiga pemain Jepang yang telah membela klub Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Shodai Nishikawa baru saja didatangkan oleh klub sepak bola Indonesia, Madura United dengan status trial. Pemain asal Jepang yang sebelumnya bermain untuk OFK Petrovac di Liga Montenegro itu bergabung pada Rabu (1/5/19) dan telah mengikuti sesi latihan sehari berikutnya.

Jika resmi bergabung dengan Laskar Sape Kerab, Nishikawa bukanlah pemain Jepang satu-satunya yang akan memperkuat klub Liga 1 musim 2019. Tiga klub lainnya telah menggunakan pemain asal Jepang untuk mengisi jatah pemain asing asal Asia.

Sejauh ini, dua dari tiga nama di antaranya telah memiliki pengalaman bermain di Indonesia dan memiliki reputasi yang bagus. Sedangkan, satu pemain sisanya berstatus debutan. Berikut ini, INDOSPORT akan mengulas kiprah ketiganya di kancah sepak bola Indonesia.

1. Shohei Matsunaga

Matsunaga telah merumput di Indonesia sejak musim 2010/11. Pemain hasil akademi Schalke 04 ini didatangkan Persib Bandung dari Ehime FC pada 1 Januari 2011 tanpa biaya transfer. Sejak itu, ia malang melintang di empat klub sepak bola Indonesia yakni Persiba Balikpapan, Gresik United, Persela Lamongan, dan PSMS Medan.

Pemain yang sedang menjalani proses naturalisasi untuk Indonesia ini baru saja bergabung ke PSIS Semarang untuk semusim ke depan. Hingga saat ini, ia telah bermain di kasta teratas sepak bola Indonesia sebanyak 180 penampilan dan mengemas 48 gol.

2. Kunihiro Yamashita

Yamashita mulai bermain di Indonesia setelah membela klub asal Myanmar, Yangon United. Sebelumnya, ia banyak menghabiskan kariernya di Singapura dengan Albirex Niigata, Tampines Rovers, dan Hougang United. Pemain berposisi bek tengah ini menjadi pilihan utama di dua klub Liga 1 yang telah menggunakan jasanya.

Pada musim 2017, ia bermain selama 31 penampilan dan mencetak delapan clean sheets untuk Borneo FC. Semusim setelahnya, Yamashita hengkang ke Perseru Badak Lampung FC dan mencatatkan enam nirbobol dalam 28 penampilan. Pemain berusia 32 tahun ini akan kembali membela Perseru untuk musim Liga 1 2019.

3. Kei Hirose

Pemain berposisi gelandang sayap kiri ini baru bergabung ke Persela Lamongan pada Februari 2019. Ia baru bermain empat kali untuk klub berjuluk Laskar Joko Tingkir tersebut di gelaran Piala Presiden 2019. Pemain berusia 23 tahun ini selalu bermain penuh dan mencetak satu gol pada laga debutnya melawan Persita Tangerang.

Berbeda dengan dua pemain Matsunaga dan Yamashita, Hirose masih perlu membuktikan dirinya di Liga 1 2019. Ia diboyong ke Persela tanpa catatan mentereng di klub sebelumnya. Sepanjang membela Mosta FC di Liga Primer Malta, ia tak sekali pun mencetak gol dalam sepuluh penampilan.

Berdasarkan catatan di atas, dapat dikatakan bahwa mayoritas pemain Jepang yang dalam dua musim terakhir merumput di Liga 1 mencatatkan performa apik. Perekrutan Nishikawa bukan berarti aman bagi Laskar Sape Kerab. Ia perlu membuktikan kualitasnya dalam waktu dekat.

Dalam beberapa pekan ke depan, kita akan melihat apakah pemain trial Madura United tersebut terbebani atau malah termotivasi dengan statistik pendahulunya.

kuti Update Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM