Bola Internasional

Stadion Piala Dunia Qatar Disebut Mirip Vagina Raksasa, Arsiteknya Berang

Jumat, 3 Mei 2019 18:48 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© twitter.com/WomenintheWorld
Stadion Al Wakrah Copyright: © twitter.com/WomenintheWorld
Stadion Al Wakrah

INDOSPORT.COM - Jelang Piala Dunia 2022 di Qatar, salah satu stadion telah menjadi sorotan para pencinta sepak bola karena bentuknya yang mirip vagina raksasa. Adalah Stadion Al Wakrah yang dirancang oleh arsitek berdarah Inggris-Irak, Dame Zaha Hadid.

Dame Zaha, perancang stadion tersebut sudah meninggal dunia karena serangan jantung pada 2016. Sebelumnya, ia pernah mengatakan bahwa desain Al Wakrah terinspirasi dari bentuk perahu tradisional di Arab.

Namun ketika gambar proyek ini dirilis pada tahun 2013, orang-orang ramai membicarakan bentuknya. Alih-alih seperti perahu tradisional Arab, desain stadion itu malah disebut seperti vagina raksasa karena lubang di tengahnya.

Dikritik karena desain stadion yang dibangunnya mirip seperti alat vital wanita, Dame Zaha pun sempat berang.

"Sangat memalukan mereka datang untuk membicarakan hal seperti itu. Apa yang mereka katakan itu semua konyol," ucap Dame Zaha kepada Time.

Dame Zaha pun menambahkan, jika proyek ini dibuat oleh seorang pria, maka kritik yang mengatakan stadion Al Wakrah mirip vagina, ia yakin tidak akan pernah muncul.

Meski dikritik karena bentuknya, stadion Al Wakrah ini memiliki teknologi yang canggh. Salah satunya adalah fitur pendingin yang bisa membuat suhu di dalam stadion menjadi 20 derajat celcius. Hal itu dilakukan karena di Qatar sendiri diketahui memiliki suhu ekstrem yang bisa melebihi 40 derajat celcius.

Sebagai tambahan informasi, stadion Al Wakrah ini akan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar hingga babak perempatfinal.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Internasional lainnya di INDOSPORT.COM