Liga Indonesia

Mengingat 3 Pencapaian Fantastis Rene Alberts di Indonesia Sebelum ke Persib

Sabtu, 4 Mei 2019 09:55 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar Copyright: © thestar
Eks Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts di kabarkan akan melatih Persib bandung. Foto: thestar

INDOSPORT.COM – Mantan pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts telah resmi ditunjuk sebagai pelatih salah satu klub ternama di sepak bola Indonesia, Persib Bandung jelang kompetisi Liga 1 2019.

Keputusan itu diambil ketika Miljan Radovic memilih untuk meninggalkan Persib Bandung dalam waktu yang cukup lama. Karena pelatih berkebangsaan Montenegro tersebut harus mengikuti lisensi kepelatihan UEFA Pro.

Manajemen Persib sendiri nampaknya tidak ingin coba-coba untuk merekrut pelatih di kompetisi Liga 1 2019 ini. Mereka lebih memilih untuk mempekerjakan pelatih yang sarat pengalaman seperti Rene Alberts.

Berbeda dengan Radovic, Rene Alberts lebih berpengalaman sebagai pelatih di persepakbolaan Indonesia. Karena pelatih asal Belanda tersebut telah menginjakkan kakinya di Indonesia sejak musim 2009/10 silam.

Namun sebelum bergabung dengan Persib pada musim ini, ada baiknya kita mengingat pencapaian fantastisnya di sepak bola Indonesia. Berikut INDOSPORT mencoba untuk memberikan ulasannya.

1. Juara Liga 1 (Indonesia Super League) 2009/10

© INTERNET
Laga Persija vs Arema di kompetisi ISL musim 2009/10. Laga ini dimenangkan oleh tim tamu dengan skor telak 5-1. Copyright: INTERNETLaga Persija vs Arema di kompetisi ISL musim 2009/10. Laga ini dimenangkan oleh tim tamu dengan skor telak 5-1.

Setelah baru menginjakkan kakinya di persepakbolaan Indonesia, Rene Alberts justru langsung mengantarkan Arema meraih gelar juara Liga 1, yang saat itu masih bernama Indonesia Super League (ISL).

Pelatih yang saat ini usianya sudah menyentuh 64 tahun tersebut mampu membawa Arema mengungguli Persipura Jayapura. Singo Edan unggul enam poin dari klub asal Papua tersebut.

2. Runner-up Piala Indonesia 2010

© INTERNET
Foto sebelum kick off pertandingan usiran Sriwijaya FC vs Arema di Stadion Gelora Delta Sidoarjo musim 2010/2011. Ketika itu, kapten Sriwijaya masih disandang Keith Kayamba Gumbs (kanan). Copyright: INTERNETFoto sebelum kick off pertandingan usiran Sriwijaya FC vs Arema di Stadion Gelora Delta Sidoarjo musim 2010/2011. Ketika itu, kapten Sriwijaya masih disandang Keith Kayamba Gumbs (kanan).

Meski telah berhasil membawa Singo Edan meraih gelar juara Liga 1, namun Rene Alberts gagal merengkuh trofi Piala Indonesia 2010. Akan tetapi, Rene Alberts mampu mengantarkan Arema hingga partai puncak.

Sayangnya, Singo Edan hanya mampu menjadi runner up setelah ditumbangkan Sriwijaya FC dengan 1-2. Dua gol Sriwijaya didapatkan Keith Kayamba Gumbs dan Pavel Solomin. Sedangkan satu-satunya gol Arema tercipta lewat aksi M. Ridhuan.

3. Runner-up Liga 1 2018

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (kiri) memberikan arahan kepada pemainnya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPelatih PSM Makassar, Robert Rene Alberts (kiri) memberikan arahan kepada pemainnya.

Pencapaian terakhir yang didapatkan Rene Alberts ditorehkan ketika dirinya masih menukangi PSM Makassar di kompetisi Liga 1 2018. Pada musim itu, Rene Alberts sukses mengatarkan PSM finis di peringkat kedua klasemen akhir.

Tim berjuluk Juku Eja tersebut hanya terpaut satu poin dari sang juara Liga 1 2018, Persija Jakarta. Artinya, Rene Alberts telah membuat persaingan memanas di papan atasm hingga menjadi perhatian khusus dari pecinta sepak bola nasional.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT