Liga Inggris

Newcastle United 'Bisa Bantu' Liverpool Juara Liga Primer Inggris

Sabtu, 4 Mei 2019 14:43 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Jan Kruger/Getty Images
Mohamed Salah berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle. Copyright: © Jan Kruger/Getty Images
Mohamed Salah berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Newcastle.

INDOSPORT.COM - Liga Primer Inggris hanya menyisakan dua pertandingan lagi, dengan matchday ke-37 salah satunya akan mempertemukan Newcastle United vs Liverpool.

Pertandingan Newcastle United vs Liverpool ini akan dimainkan di St. James' Park, Minggu (05/05/19) pukul 01.45 WIB dini hari nanti.

Bagi Liverpool, jelas pertandingan ini akan terasa sangat penting untuk menggeser Manchester City dan menjuarai Liga Primer Inggris 2018/19.

Apalagi salah satu dari dua pertandingan terakhir mereka di Liga Primer Inggris musim ini menghadapi Newcastle United, yang saat ini dinahkodai Rafael Benitez.

Seperti kita ketahui, Rafael Benitez merupakan pelatih yang cukup membekas di sejarah Liverpool dan juga para pendukung The Reds.

© Getty Image
Mantan kapten dan pelatih Liverpool, Steven Gerrard (kiri) dan Rafael Benitez. Copyright: Getty ImageMantan kapten dan pelatih Liverpool, Steven Gerrard (kiri) dan Rafael Benitez.

Ya, Rafael Benitez adalah satu-satunya pelatih yang mampu membawa Liverpool meraih gelar juara kompetisi Eropa era Liga Champions pada musim 2004/05.

Kerja sama Benitez dan Liverpool yang dimulai pada musim panas 2004 silam, berakhir pada tahun 2010 saat pelatih asal Spanyol itu menerima tawaran dari Inter Milan.

Setelah berpindah-pindah klub, Benitez pun kembali ke Inggris pada tahun 2016 lalu untuk melatih Newcastle United. Hingga tiba, dini hari nanti, tim asuhan Rafael Benitez akan menghadapi Liverpool di laga penentuan.

Bukan karena keberadaan sosok Benitez di Newcastle yang membuat mereka harus bantu Liverpool juara Liga Primer Inggris. Berikut ulasannya dari INDOSPORT.

Statistik Newcastle United Menghadapi 'Big Six'

© INDOSPORT
Newcastle United vs Manchester United Copyright: INDOSPORTNewcastle United vs Manchester United. Foto: Getty Images

Big Six, yaitu Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur, Lima tim besar Liga Primer Inggris lainnya sudah dihadapi oleh Newcastle sebanyak dua putaran.

Hanya tinggal Liverpool, tim besar yang belum dihadapi oleh Newcastle United di putaran kedua musim 2018/19 ini.

Sudah memainkan 11 pertandingan menghadapi enam tim besar Liga Primer Inggris, 10 laga berakhir dengan kekalahan dengan sisanya sekali menang, menghadapi Manchester City.

Melihat catatan tersebut, Newcastle United harusnya bisa kalah di pertandingan dini hari nanti. Apalagi jika melihat pertemuan mereka menghadapi Liverpool, dibantai 4-0.

Bukan maksud merendahkan Newcastle United, catatan di atas akan membuat segalanya normal jika Liverpool bisa menang atas Newcastle United dini hari nanti. Tapi, bukan karena ada sosok Rafael Benitez.

Tidak Ada Lagi yang Diperjuangkan

© PA
Manajer Newcastle United, Rafael Benitez. Copyright: PAManajer Newcastle United, Rafael Benitez.

Satu hal lagi yang harus diingat dari Newcastle United saat Liga Primer Inggris musim 2018/19 tinggal menyisakan dua pertandingan lagi.

Posisi Newcastle United saat ini bertengger di urutan ke-13 klasemen sementara Liga Primer inggris dengan mengantongi sebanyak 42 poin.

Dengan jumlah poin tersebut, Newcastle United pun sudah aman dari ancaman degradasi. Mereka unggul sebanyak 11 poin dari Cardiff City, yang berada di urutan ke-18. Sisa dua pertandingan, tidak mungkin Newcastle bisa terdegradasi.

Selain ancaman degradasi, untuk naik hingga posisi keenam untuk mendapat tiket kualifikasi Liga Europa musim 2019/20, nampaknya sangat mustahil untuk Newcastle United.

Manchester United yang kini menempati posisi itu, mengantongi sebanyak 65 poin. Newcastle United berjarak 23 poin dari Setan Merah dan jelas itu tidak mungkin terkejar lagi.

Dengan dua kondisi di atas, Newcastle United tak punya apa pun yang bisa diperjuangkan di pertandingan menghadapi Liverpool dini hari nanti. Liverpool bisa menang dan selangkah lebih dekat dengan gelar Liga Primer Inggris.

Muhammad Zohri Buka-bukaan Usai Jadi Manusia Tercepat Indonesia

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT