Liga Inggris

Ini Catatan Fantastis Lampard yang Hantarkan Derby County Berpeluang ke Premier League

Senin, 6 Mei 2019 14:33 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mirror.
Frank Lampard catatkan hasil fantastis di Divisi Championship musim 2018/19. Copyright: © Mirror.
Frank Lampard catatkan hasil fantastis di Divisi Championship musim 2018/19.

INDOSPORT.COM – Pada musim pertamanya berkarier sebagai manajer, Frank Lampard berhasil membawa Derby County finish di posisi keenam Divisi Championship 2018/19 dan berhak lolos ke babak semifinal play-off untuk memperebutkan satu tiket promosi ke Liga Primer Inggris 2019/20.

Dalam 46 pertandingan sepak bola Divisi Championship musim 2018/19 ini, Lampard membawa Derby mencatatkan 20 kemenangan, 14 hasil imbang, dan 12 kekalahan. Klub asuhan legenda Chelsea tersebut bahkan tidak pernah kalah melawan sang juara, Norwich City.

Pada laga pertama melawan Norwich, Derby bermain imbang 1-1 di kandang setelah Craig Bryson mencetak gol penyama kedudukan empat menit sebelum laga usai.

Derby kemudian memenangkan laga kedua melawan The Canaries dengan skor 4-3. Kemenangan tersebut diraih dengan cara dramatis setelah anak asuh Lampard mencetak dua gol pembalik keadaan di tiga menit terakhir laga.

Lampard juga membawa Derby memenangkan satu laga melawan klub promosi lainnya, Sheffield United. Pada 20 Oktober 2018, Derby berhasil unggul 2-1 di kandang berkat gol dari Bryson dan Craig Marriott.

Kemenangan atas tim papan atas Championship itu disebabkan oleh fleksibilitas taktik yang disuguhkan oleh Lampard. Mantan pemain Timnas Inggris itu tercatat bermain dengan empat formasi berbeda pada musim 2018/19 ini, yakni 4-1-4-1, 4-2-3-1, 4-3-3, dan 3-5-2.

Selain itu, Derby menjadi tim terproduktif ketujuh di Divisi Championship dengan torehan 69 gol. The Rams mencetak rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan musim ini ke gawang Rotherham United dengan kemenangan 6-1.

Sementara itu, pada babak semifinal play-off, Derby akan menghadapi Leeds United dalam dua leg. Laga pertama akan digelar pada Sabtu (11/5/19), sedangkan leg kedua masih belum dipastikan antara Selasa atau Rabu pekan selanjutnya.

Lampard perlu berhati-hati jelang laga melawan klub asuhan Marcelo Bielsa tersebut. Pasalnya, dalam dua pertemuan sebelumnya, Derby selalu menderita kekalahan. The Rams takluk dengan skor cukup telak, 1-4, pada 11 Agustus 2018. Kemudian, mereka kembali tidak mampu mengatasi Leeds ketika kalah 0-2 pada 11 Januari 2019.

Pemenang laga semifinal tersebut akan bertemu pemenang laga play-off lainnya, yakni Aston Villa atau West Bromwich Albion, di babak final play-off yang akan diselenggarakan di Wembley Stadium.

Ikuti Update Berita Liga Sepak Bola Divisi Championship dan Liga Primer Inggris Lainnya di INDOSPORT.COM