Liga Indonesia

Jelang Liga 1 2019: Ada ‘Ritual’ Pemecatan Pelatih di Awal Musim, Siapa Kena Duluan?

Senin, 6 Mei 2019 10:25 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi logo Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM – Jelang Liga 1 2019 yang akan segera dimulai, ada suatu kekhawatiran mengenai ‘ritual’ pemecatan di awal musim bakal kembali terjadi.

Liga 1 merupakan ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia yang membuat kompetisi ini begitu sengit dan ketat. Saking ketatnya, selalu ada semacam ‘ritual’ untuk memecat pelatih pada awal musim dalam dua musim terakhir.

Ada berbagai alasan yang mengiringi fenomena unik tersebut, mulai dari posisi di klasemen sementara yang tidak memuaskan hingga faktor non teknis. Pertanyaannya sekarang, akankah ‘ritual’ pemecatan pelatih di awal musim bakal terulang di Liga 1 2019?

Liga 1 2017

Sebelum lebih jauh membahas mengenai mungkinkah ada ‘ritual’ pemecatan pelatih di awal musim Liga 1 2019. Ada baiknya untuk menilik kembali fenomena unik itu di Liga 1 dalam dua musim terakhir, sebagai catatan bahwa indikator awal musim itu hingga pekan kelima.

Pada Liga 1 2017, ‘ritual’ itu sudah dimulai sejak pekan kedua ketika Bali United memutuskan untuk memecat pelatih asal Austria, Hans-Peter Schaller saat tim berada di posisi ke-17. Alasannya apa lagi kalau bukan hasil mengecewakan di dua laga awal.

© INDOSPORT
Ketiga pelatih asing yang melamar yakni mantan arsitek klub Liga 1 asal Austria, Hans-Peter Schaller Copyright: INDOSPORTKetiga pelatih asing yang melamar yakni mantan arsitek klub Liga 1 asal Austria, Hans-Peter Schaller

Hanya sepekan setelah Schaller menjadi korban, tidak tanggung-tanggung dua pelatih sekaligus menjadi tumbal selanjutnya. Mereka adalah Laurent Hatton di PS TNI dan Timo Scheunemann bersama Persiba Balikpapan.

Setelah ditelusuri, pemberhentian dua pelatih asing tersebut bukan dengan dipecat. Hatton meninggalkan PS TNI dengan kesepakatan bersama usai diketahui bahwa pria Prancis itu tidak bisa berbahasa Indonesia.

Sedangkan Scheunemann memutuskan untuk mundur dari Persiba selepas menelan sejumlah hasil buruk. Klub asal Kalimantan ini diketahui menempati posisi juru kunci akibat dihajar tiga kekalahan beruntun.

Liga 1 2018

‘Ritual’ pemecatan pelatih yang paling fenomenal terjadi pada Liga 1 2018 saat Borneo FC memutuskan untuk memutus kontrak pelatih nyentrik, Iwan Setiawan. Menjadi fenomenal karena ‘ritual’ itu terjadi pada pekan pertama.

Alasan Borneo FC untuk memecat Iwan dikarenakan faktor non-teknis, yaitu berseteru dengan fans, yang membuat manajemen harus mengambil keputusan sulit. Kejadian bermula pada laga pertama ketika ditahan imbang Sriwijaya FC.

Suporter Borneo yang datang menyaksikan laga tersebut merasa kecewa kemudian meluapkannya dalam teriakan untuk meminta Iwan segera didepak. Sang pelatih langsung mendatangi mereka sehingga perseteruan pun tak terlelakan lagi.

© ngopibareng.id
Iwan Setiawan Copyright: ngopibareng.idIwan Setiawan

Bagaimana dengan Liga 1 2019?