Liga Inggris

Pep Guardiola dan Jurgen Klopp Bikin Standar Liga Inggris Makin Tinggi

Senin, 6 Mei 2019 19:21 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persaingan antara Manchester City dan Liverpool menuju tangga juara Liga Primer Inggris 2018/19 bakal ditentukan hingga laga terakhir. Konsistensi kedua tim membuat standar kompetisi di liga musim depan nanti kian tinggi.

Hal ini seperti yang diungkapkan legenda Timnas Inggris, Alan Shearer yang dilansir dari laman berita sport The Sun. Menurutnya, orang-orang hanya mengingat bagaimana tangguhnya Manchester United kala meraih treble winners 1998/99 dan perkasanya Arsenal kala menjadi tim tak terkalahkan sepanjang sejarah liga musim 2003/04.

Namun, ia menganggap prestasi keduanya tidak membuat liga Inggris kompetitif. Ada hal lain yang membuat Shearer yakin bahwa Manchester City dan Liverpool lah yang membuat kompetisi sepak bola Inggris nampak kompetitif dengan konsistensinya. Kedua tim mampu meraih 90 poin lebih hingga saat ini.

Mantan striker Newcastle ini bahkan memuji dua sosok yang ia anggap berjasa dalam liga Inggris. Adalah Pep Guardiola dan Jurgen Klopp yang mampu mengubah stigmanya. Kedua pria ini mampu memberikan tontonan menarik dan menunjukkan dominasi di setiap laga.

Terlebih, 90 poin yang telah mereka dapatkan pun belum cukup untuk menentukan gelar juara. Hal yang dianggap berbeda oleh Shearer dengan musim-musim sebelumnya yang dimana kampiun liga telah ditemukan menjelang lima laga terakhir. Untuk itu, ia memuji konsistensi kedua tim tersebut dan membuat liga Inggris makin kompetitif.

Dengan keberhasilan Manchester City dan Liverpool, bukan tidak mungkin akan membuat tim lain seperti Chelsea berbenah agar mampu bersaing.

Hal serupa juga akan diterapkan oleh Man United dan Arsenal yang akan berupaya membangun dinasti seperti apa yang dilakukan Guardiola dan Klopp.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM