Liga Indonesia

Profil Klub Liga 1 2019: Bhayangkara FC, Kesolidan Kunci Konsistensi Papan Atas

Selasa, 14 Mei 2019 09:00 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© pssi.org/Grafis:Indosport.com
Profil Tim Bhayangkara FC Liga 1 2019. Grafis: Foto: pssi.org/Grafis:Indosport.com Copyright: © pssi.org/Grafis:Indosport.com
Profil Tim Bhayangkara FC Liga 1 2019. Grafis: Foto: pssi.org/Grafis:Indosport.com

INDOSPORT.COM - Menyambut kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional, Liga 1 2019, yang bakal bergulir sebentar lagi, alangkah baiknya melirik sekilas profil dari klub milik kepolisian Tanah Air, Bhayangkara FC.

Nama Bhayangkara FC menggema ke permukaan pada 2016 ketika mengikuti ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A. Sebelumnya, nama klub yang identik dengan seragam hijau ini kerap berganti-ganti.

Belakangan, Bhayangkara tak lagi berganti nama dan mulai terpatri di benak penikmat sepak bola Indonesia. Kiprah tim berjulukan The Guardian ini bahkan bisa dibilang sangat baik.

Ketika memulai debut di kancah sepak bola nasional, Bhayangkara berhasil menduduki peringkat ketujuh klasemen akhir ISC A 2016 dengan mengumpulkan 54 poin.

Setahun kemudian, Bhayangkara membuat publik geger dengan keberhasilan mereka menjuarai Liga 1 2017 usai mengumpulkan 68 poin dan unggul head to head dari runner-up Bali United.

Musim lalu, Bhayangkara tetap menduduki papan atas dan finis di peringkat ketiga dengan koleksi 53 poin. The Guardian bisa bermain di Piala AFC 2019 andaikan Persija Jakarta sukses melaju ke fase grup Liga Champions Asia 2019.

Akan tetapi, peluang Bhayangkara pupus karena Persija gagal di babak kualifikasi usai ditekuk wakil Australia, Newcastle Jets, dengan skor 1-3. Mereka pun mengalihkan fokus ke Liga 1 2019 dan berbenah secara perlahan untuk bisa menggapai mimpi tersebut musim depan.

Salah satu pemain yang menjabat sebagai kapten Bhayangkara FC, Indra Kahfi Ardhiyasa, menuturkan bahwa sejauh ini rekan-rekannya telah siap menyambut kompetisi, terlebih dengan kehadiran pemain dan pelatih baru.

"Tanggal 16 kami dipastikan melakoni laga pertama melawan Borneo FC. Kami sangat siap. Hanya tinggal menunggu dua pamain asing yang belum datang," kata Indra saat bercengkrama dengan INDOSPORT via aplikasi pesan singkat Whatsapp, Minggu (5/5/19).

"Seluruh pemain sudah kompak mengikuti arahan pelatih. Mungkin butuh waktu sedikit lagi agar kami benar-benar solid, mulai dari lini depan hingga belakang," ujar kakak kandung kiper Persija, Andritany Ardhiyasa, tersebut.

Berdasarkan draft susulan yang telah dirilis oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku  operator kompetisi, Bhayangkara dipastikan bertandang ke markas Borneo FC, Stadion Segiri, Samarinda, dalam laga pembuka Liga 1 2019, Kamis (16/5/19).