Liga Italia

Hitung-hitungan AC Milan untuk Bisa Lolos ke Liga Champions 2019/20

Selasa, 7 Mei 2019 08:39 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter @SempreMilanCom
Para pemain AC Milan berselebrasi pasca mencetak gol ke gawang Cagliari. Copyright: © Twitter @SempreMilanCom
Para pemain AC Milan berselebrasi pasca mencetak gol ke gawang Cagliari.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola AC Milan membuka peluang lolos ke Liga Champions 2019/20 musim depan usai menang 2-1 atas Bologna pada pekan ke-35 Serie A Italia 2018/19, Selasa (07/05/19) dini hari WIB, di San Siro.

Kemenangan tersebut membuat AC Milan naik ke peringkat 5 klasemen sementara dengan koleksi 59 poin. AC Milan bersaing ketat dengan AS Roma di urutan 6 dengan poin yang sama dan selisih 2 angka dari Torino di posisi 7.

Karena Serie A Italia mendahulukan head to head dalam pengaturan klasemen, Milan berhak berada di atas Roma karena dalam 2 pertandingan musim ini Milan tidak terkalahkan dari Roma (menang 2-1 di San Siro dan imbang 1-1 di Olimpico). Milan juga akan menggeser Atalanta jika punya poin yang sama karena unggul head to head.

Milan bisa tidak tersalip oleh Roma dan menjaga persaingan hanya dengan Atalanta apabila raihan poin mereka dalam 3 pertandingan terakhir sama dengan Roma.

Menilik 3 pertandingan terakhir, Milan masih harus berhadapan dengan lawan-lawan yang tidak enteng, yakni Fiorentina, Frosinone, dan SPAL.

Pada paruh pertama, Milan hanya mampu meraup 4 poin melawan 3 klub tersebut. Salah satu di antaranya bahkan kalah 0-1 dari Fiorentina di kandang sendiri.

Milan tidak boleh lagi tergelincir dalam 3 laga terakhir jika tidak ingin kehilangan kesempatan bermain di Liga Champions musim depan.

Dengan asumsi meraih 9 poin, Milan bisa menggeser Atalanta di peringkat ke-4 dengan catatan Atalanta kehilangan poin pada salah satu dari 3 laga yang mereka mainkan.

Atalanta akan menghadapi Genoa, Juventus, dan Sassuolo. Partai melawan tuan rumah Juventus bisa menjadi titik balik bagi Milan untuk mengkudeta posisi Atalanta di urutan ke-4.

Jikalau Milan meraih 7 poin di 3 laga sisa, Atalanta setidaknya harus kalah sekali dari 3 partai. Andai Milan kalah dari Fiorentina dan hanya meraup 6 poin, mereka hanya bisa berharap Atalanta meraih sekali kemenangan atau 2 kali imbang dari 3 laga.

Milan hanya perlu mewaspadai Torino yang bisa saja menikung di saat-saat terakhir sebab mereka menang head to head atas Milan.

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Serie A Italia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM