Liga Indonesia

Eks Pembina Persija Bongkar Awal Mula Terbentuknya Piala Emas Bang Yos

Selasa, 7 Mei 2019 12:55 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Viva
Sutiyoso (eks pembina Persija). Foto: Viva Copyright: © Viva
Sutiyoso (eks pembina Persija). Foto: Viva

INDOSPORT.COM - Eks Dewan Pembina Persija sekaligus mantan Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso, membongkar awal mula terbentuknya turnamen pramusim bergengsi bertajuk Piala Emas Bang Yos yang pernah beken di era 2000-an.

Piala Emas Bang Yos pertama kali digelar pada 2003 silam dan selesai 2006 atau berdekatan dengan akhir masa jabatan Sutiyoso sebagai orang nomor satu di Jakarta (2007).

Menurut Sutiyoso, Piala Emas Bang Yos dilahirkan sebagai ajang untuk para kontestan mempersiapkan klub sebelum kompetisi resmi bergulir. Kalau melihat fenomena kekinian itu seperti Piala Presiden.

"Ada masa jeda, ya dan dulu liga itu tertib sekali. November selalu selesai. Kemudian ada fase Desember sampai Januari mau digulirkan lagi kan," kata Sutiyoso saat berbincang dengan INDOSPORT.

Lebih lanjut, Sutiyoso menambahkan bahwa pada saat itulah klub-klub kasta tertinggi merekrut pemain baru. Transfer pemain berkeliaran tidak karu-karuan

© INDOSPORT/Istimewa
Sutiyoso Copyright: INDOSPORT/IstimewaEks dewan pembina Persija Jakarta Sutiyoso.

"Nah inilah kesempatan untuk uji coba di sini. Dan Piala Emas Bang Yos ini asyik betul," jelas Sutiyoso.

Kenapa dibilang mengasyikan, karena bagi Sutiyoso ajang pramusim Piala Emas Bang Yos bukan hanya menampilkan tim lokal, melainkan juga mengundang klub-klub luar negeri.

"Klub luar negeri juga tidak mau dipermalukan di Indonesia. Jadi mereka pasti mengirim kesebelasan terbaik," kenang Sutiyoso.

Dilansir laman RSSSF hanya dua klub saja yang pernah meraih gelar juara Piala Emas Bang Yos, yakni Persija (2003) dan PSMS Medan (2005 edisi Februari, 2005 edisi Desember, dan 2006).

Seneng-seneng Bareng The Jakmania

Terus Ikuti Update Sutiyoso dan Berita Sepak bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%