Liga Indonesia

Sutiyoso: Hidupkan Persija Tanpa APBD, Hingga Kini 'Dilupakan' Jakmania

Senin, 6 Mei 2019 21:20 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT/Istimewa
Sutiyoso Copyright: © INDOSPORT/Istimewa
Sutiyoso

INDOSPORT.COM - Menjadi salah seorang yang berjasa buat Persija Jakarta saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso justru kini merasa dilupakan.

Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso atau yang akrab disapa Bang Yos, tak bisa dipungkiri memiliki peran yang besr dalam perkembangan klub asal Ibu Kota Persija Jakarta.

Di era kepemimpinanya sebagai Gubernur sekaligus Dewan Pembina Persija Jakarta, Sutiyoso berhasil membawa Macan Kemayoran menjadi juara di kompetisi Liga Indonesia musim 2001.

Dalam kompetisi saat itu, di mana klu-klub Indonesia masih berafiliasi dengan pemerintah, dengan diperbolehkannya pengunaan dana Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD), Bang Yos memang memegang peran penting sebagai Gubernur.

Namun diakuinya, saat itu dirinya sama sekali tak memanfaatkan dana APBD untuk membangun Persija Jakarta, karena minimnya APBD yang dimiliki DKI Jakarta saat itu. Bang Yos justu bergerak kreatif memanfaatkan jejaringnya di Jakarta untuk menggaet investor dari pihak swasta.

"Jadi waktu zaman saya kan APBD kan juga minim banget. ya sebagai perbandingan lah. Tahun pertama saya APBD-nya hanya 1,7 triliun. 1,7 triliun itu rupiah kita bergerak 15ribu dan 16 ribu," terang Bang Yos dalam wawancara eksklusif dengan INDOSPORT.COM.

"Saya manfaatkan sumber yang ada di Jakarta lah. Kan banyak pengusaha-pengusaha yang sukarela saya mintai sumbangan dan saya harus menunjukan kepada mereka kesan bahwa kita jujur, sumbangan ini ga kemana-mana memang untuk Persija. Jadi selama saya menjabat sampai saya pensiun, tak pernah menggunakan dana APBD.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%