Liga Indonesia

Perbandingan Rene Mihelic dengan Srdjan Lopicic, Menyesalkah Persib?

Selasa, 7 Mei 2019 21:30 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Rene Mihelic dan Srdjan Lopicic. Copyright: © INDOSPORT
Rene Mihelic dan Srdjan Lopicic.

INDOSPORT.COM – Kontestan Liga 1 2019, Persib Bandung telah memutuskan untuk melepas gelandang asingnya, Srdjan Lopicic pada bursa transfer musim ini. Kini Persib telah menemukan penggantinya, yakni Rene Mihelic.

Gelandang berkebangsaan Slovenia tersebut secara resmi diperkenalkan Persib pada hari ini, Selasa (07/05/19). Dirinya pun digadang-gadang menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan peran Lopicic di lini tengah Persib.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk membandingkan penampilan antara Lopicic dengan Rene Mihelic. Pemain yang sama-sama berposisi sebagai gelandang serang tersebut, nyatanya cukup aktif dalam membantu serangan timnya.

Meski sosok Lopicic sepertinya ‘dibenci’ oleh sebagian Bobotoh, namun dirinya punya catatan yang cukup baik dalam urusan mencetak gol. Menurut laporan situs Soccerway, Lopicic mampu mencetak 30 gol dari 178 pertandingan sepanjang kariernya.

Jumlah gol tersebut ia torehkan di sembilan klub berbeda, di mana ada ada lima klub Indonesia selain Persib, yakni Borneo FC, Persiba Balikpapan, Arema FC, Persela Lamongan dan Bali United.

© Arif Rahman/Indosport.com
Pemain asing Persib, Srdan Lopicic saat menghadapi Arema FC. Copyright: Arif Rahman/Indosport.comPemain asing Persib, Srdan Lopicic saat menghadapi Arema FC.

Sejumlah pengalamannya bermain di kompetisi paling elite di Indonesia itulah yang membuat dirinya terpilih sebagai target transfer Persib pada musim 2019 ini. Namun sayangnya, saat berseragam Persib ia tak mampu keluar dari tekanan.

Catatan gol Lopicic ini pun nyatanya lebih baik dibandingkan dengan Rene Mihelic. Menurut situs Transfermarkt, gelandang yang pernah mencicipi atmosfer Liga Champions tersebut hanya mampu mengumpulkan 44 gol dan 52 assist dari 356 penampilannya.

Namun sayangnya sejak musim 2017 lalu, produktivitas Rene Mihelic mulai menurun drastis. Saat memperkuat Riga FC (klub asal Latvia), ia hanya mengumpulkan 3 gol dan nihil assist dari 8 laga. Dirinya sudah mulai tidak mendapatkan kepercayaan untuk memainkan peran di klub tersebut.

© Sports India Show
Calon pemain Persib Bandung Rene Mihelic (tengah). Copyright: Sports India ShowPemain anyar Persib Bandung Rene Mihelic (tengah) saat beraksi di atas lapangan.

Saat berkarier di India dalam dua musim terakhir, Rene Mihelic juga tak mampu mencetak lebih dari 5 gol. Bersama Delhi Dynamos dan Chennaiyin FC, Rene Mihelic hanya mengemas 3 gol dan 6 assist. Artinya, dalam tiga musim terakhir, Mihelic hanya mampu mebukukan 5 gol dan 6 assist.

Catatan tersebut nyatanya lebih buruk ketimbang penampilan Lopicic dalam dua musim terakhir. Pada musim 2017 lalu, Lopicic sukses mengemas 5 gol dan 8 assist dari 16 laga.

Sementara pada musim selanjutnya, ia hanya mampu mengoleksi 3 gol dan 3 assist dari 18 laga berasma Borneo FC. Artinya, dalam dua musim terakhir, Lopicic mampu mengumpulkan 8 gol dan 11 assist.

Dengan begitu, penampilan Rene Mihelic dan Lopicic tidak berbeda jauh. Lalu apakah Persib menyesal membuang Lopicic dan mendatangkan Rene Mihelic? Karena dengan catatan tersebut bukan tidak mungkin jika Mihelic tampil lebih mengecewakan ketimbang Lopicic pada musim depan.

Bertualang ke Tempat Wisata Unik di Malang, Kampung Biru Arema

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT