Liga Indonesia

Resmi Datangkan Rene Mihelic, Persib Bandung Justru Merugi?

Selasa, 7 Mei 2019 19:47 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Sports India Show
Pemain anyar Persib Bandung, Rene Mihelic saat melakukan selebrasi. Copyright: © Sports India Show
Pemain anyar Persib Bandung, Rene Mihelic saat melakukan selebrasi.

INDOSPORT.COM – Gelandang asal Slovenia, Rene Mihelic secara resmi diperkenalkan sebagai pemain anyar Persib Bandung pada bursa transfer jelang kompetisi Liga 1 2019, tepatnya Selasa (07/05/19).

Kedatangan Rene Mihelic ini menyusul keputusan manajemen Persib yang memilih untuk memutus kontrak Srdjan Lopicic di tengah desakan sejumlah Bobotoh. Lopicic sendiri memang tidak mampu memberikan penampilan terbaiknya saat Persib masih ditangani Miljan Radovic.

Rene Mihelic pun digadang-gadang menjadi pemain yang sangat tepat untuk menggantikan Lopicic di lini tengah Persib. Pasalnya, pemain berkebangsaan Slovenia tersebut merupakan seorang gelandang yang kerap kali membantu produktivitas tim.

Saat masih berkarier di persepakbolaan India, Rene Mihelic memperlihatkan peran pentingnya dalam membantu produktivitas tim. Dua musim berkarier di India (membela Delhi Dynamos dan Chennaiyin FC), ia mampu mengoleksi tiga gol dan enam assist dari 30 penampilannya.

Dengan catatan itu, Rene Mihelic bisa menjadi pelayan untuk penyerang andalan Persib, yakni Ezechiel N’Douassel. Bukan tidak mungkin jika Ezechiel bisa lebih produktif ketika Rene Mihelic ada tepat dibelakangnya pada musim depan.

Namun hadirnya Rene Mihelic pada musim ini bisa membuat kerugian tersendiri bagi Maung Bandung. Salah satu kerugiannya adalah ketika Persib tidak bisa mengembangkan dua pemain muda berbakatnya, yakni Gian Zola dan Beckham Putra Nugraha.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Arema FC tampak menjegal Gian Zola. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain Arema FC tampak menjegal Gian Zola.

Mengingat, posisi Gian Zola dan Beckham Putra sama persis dengan Rene Mihelic, yakni gelandang serang. Dengan begitu, Gian Zola dan Beckham Putra kesulitan untuk mendapatkan posisi utama pada musim mendatang.

Situasi ini nyatanya bisa membuat kualitas Gian Zola dan Beckham Putra tidak meningkat, atau bahkan bisa saja menurun. Karena dua pemain muda tersebut tidak bisa mendapatkan menit bermain di kompetisi yang sesungguhnya.

Salah satu cara agar dua gelandang berbakat Persib itu bisa mengembangkan permainannya, dengan meminjamkannya ke klub lain. Namun itu bukan solusi yang baik, karena Persib juga membutuhkan sosok pemain muda untuk menjadi pelapis, sekaligus memenuhi regulasi pemain U-23.

© PERSIB.co.id/M.Jatnika Sadili
Pemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. Copyright: PERSIB.co.id/M.Jatnika SadiliPemain Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha saat melakukan selebrasi.

Akan tetapi, bukan berarti Gian Zola dan Beckham Putra akan sepenuhnya kehilangan kesempatan untuk memainkan peran bersama Persib. Mengingat Persib saat ini dilatih Robert Rene Alberts, yang mampu mengeksploitasi pemain muda dengan sempurna.

Meski nampaknya sulit untuk bersaing dengan Rene Mihelic, namun Gian Zola dan Beckham Putra bisa menjadi pilihan yang tepat jika sang gelandang asing tersebut tak mampu memenuhi ekspektasi klub.

Bertualang ke Tempat Wisata Unik di Malang, Kampung Biru Arema

Terus Ikuti Perkembangan Sepak bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT