Liga Champions

Inilah Biang Kerok Kekalahan Barcelona atas Liverpool

Rabu, 8 Mei 2019 11:23 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images/David Ramos
Jordi Alba disebut-sebut sebagai biang keladi kekalahan Barcelona atas Liverpool pada semifinal Liga Champions 2018/19 (8/5/19). Copyright: © Getty Images/David Ramos
Jordi Alba disebut-sebut sebagai biang keladi kekalahan Barcelona atas Liverpool pada semifinal Liga Champions 2018/19 (8/5/19).

INDOSPORT.COM – Jordi Alba disebut-sebut sebagai ‘biang kerok’ kekalahan Barcelona dari Liverpool di leg kedua semifinal Liga Champions 2018/19 setelah dua gol pertama The Reds terjadi akibat kesalahannya. Barca sendiri takluk dari klub sepak bola asal Inggris tersebut dengan skor 0-4 pada Rabu (8/5/19) dini hari tadi.

Gol pertama terjadi ketika Alba menyundul bola ke arah Sadio Mane di daerah pertahanannya sendiri. Mane kemudian memberikan umpan ke Jordan Henderson yang sesaat setelahnya menembak bola ke gawang Marc-Andre ter Stegen. Bola tepisan ter Stegen dimanfaatkan oleh Divock Origi yang mencetak gol pertama pada menit ke-7.

Kemudian, gol kedua terjadi akibat bek kiri asal Spanyol itu tidak sempurna dalam mengontrol bola. Trent Alexander-Arnold yang berhasil memanfaatkan kesalahan Alba kemudian membuat umpan silang yang berhasil diselesaikan oleh sontekan Georginio Wijnaldum.

Gol terakhir Liverpool pun tercipta dari sisi yang dijaga oleh Alba. Para pemain Barcelona tidak sigap dalam mengantisipasi Alexander-Arnold yang cepat dalam mengambil tendangan sudut. Alba pun terlambat memberikan pressing dan meninggalkan celah yang besar untuk Origi mengeksekusi bola.

Alba sendiri menampilkan performa yang sangat jauh berbeda dengan sepanjang musim ini. Pemain berusia 30 tahun itu berhasil membantu Blaugrana mencetak enam clean sheets di kancah Liga Champions. Ia juga mencetak satu gol dan lima assists yang membuat klub asal Catalan itu sama sekali tidak terkalahkan sebelum melawan Liverpool.

Dengan kekalahan ini, Barcelona dipastikan tidak lolos ke partai final yang akan diselenggarakan pada 1 Juni 2019. Klub raksasa LaLiga Spanyol itu kalah agregat 3-4 meski sempat unggul tiga gol tanpa balas di leg pertama.

Barcelona akrab dengan kekalahan comeback dalam dua musim terakhir. Pada musim 2017/18 lalu, Lionel Messi dkk. takluk agregat 4-4 atas AS Roma di babak perempatfinal.

Meski unggul 4-1 di leg pertama yang dimainkan di Camp Nou, mereka takluk 0-3 di Olimpico dan tersingkir akibat kalah agresivitas gol tandang.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya di INDOSPORT.COM.