Liga Champions

Resep Di Balik Kesuksesan Ajax Amsterdam yang Tak Dimiliki Klub Top Eropa

Rabu, 8 Mei 2019 19:02 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herald Scotland
Edwin van der Sar kini bekerja di manajemen Ajax Amsterdam. Copyright: © Herald Scotland
Edwin van der Sar kini bekerja di manajemen Ajax Amsterdam.

INDOSPORT. COM - Ajax Amsterdam punya sebuah resep rahasia di balik segala kesuksesannya musim ini. Bahkan, resep itu terbilang jarang dimiliki oleh klub-klub top Eropa lainnya.

Ya, Ajax Amsterdam di musim 2018/19 mampu menyedot perhatian jagat sepak bola. Bagaimana tidak, dari yang biasanya jadi bulan-bulanan di Liga Champions, Ajax Amsterdam kini bisa melenggang hingga semifinal.

Lebih hebatnya lagi, peluang Ajax Amsterdam untuk bisa lolos ke partai puncak masih terbuka lebar. Ajax Amsterdam yang akan melakoni laga semifinal leg kedua kontra Tottenham Hotspur pada Kamis (8/5/19) dini hari nanti, punya bekal keunggulan satu gol berkat kemenangan 1-0 di leg pertama.

Kesuksesan Ajax Amsterdam juga merembet ke level domestik. Ajax Amsterdam akhir pekan lalu baru saja meraih gelar Piala Belanda usai mengalahkan Williem II dengan skor 4-0 di laga puncak.

Kiprah Ajax Amsterdam di kancah Eredivisie Belanda pun tak jauh beda. Ajax Amsterdam kini memuncaki tabel klasemen dengan 80 poin dan tinggal menyisakan dua laga lagi. Artinya, mereka di ambang meraih treble winner musim ini.

Lalu, apa yang menjadi resep rahasia di balik segala kesuksesan Ajax Amsterdam di 2018/19? Jawabannya mari menilik jajaran staff tim kepelatihan hingga manajemen Ajax Amsterdam.

Ajax Amsterdam mengandalkan bekas pemainnya untuk menempati jabatan staff manajemen hingga kepelatihan tim. Setidaknya ada tiga nama tenar yang juga merupakan legenda Ajax Amsterdam, yakni Edwin Van Der Sar, Marc Overmars, dan Johnny Heitinga.

Nama pertama, Edwin Van Der Sar, menjadi bagian skuat Ajax Amsterdam dari tahun 1990 hingga 1997. Ia juga masuk ke dalam skuat Ajax Amsterdam kala menjuarai Liga Champions musim 1994/95.

Edwin Van Der Sar sendiri kini punya jabatan spesial di bekas klubnya itu. Eks kiper Manchester United itu menjabat sebagai CEO Ajax Amsterdam.

Berlanjut ke nama Marc Overmars, sosoknya dahulu menjadi winger cepat Ajax Amsterdam dari tahun 1992 hingga 1997. Ia juga berperan atas gelar juara Liga Champions yang diraih Ajax Amsterdam di musim 1994/95.

Overmars pun kini juga menduduki jabatan penting di Ajax Amsterdam. Ia diketahui menjabat direktur sepak bola Ajax Amsterdam dan menjadi salah satu otak di balik kesuksesan klubnya musim ini.

Satu lagi ada nama Johnny Heitinga yang dahulu merupakan bek tangguh lulusan akademi Ajax Amsterdam. Setelah lulus dari tim muda, Heitinga masuk skuat senior Ajax Amsterdam dari tahun 2001 hingga 2008 dan menghasilkan dua trofi Eredivisie Belanda (2001/02 dan 2003/04).

Usai pensiun, sosok Heitinga mungkin teringat masa mudanya dulu ketika masih menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam. Hasilnya, kini Heitinga diketahui menjabat sebagai pelatih dari tim Ajax Amsterdam U-19.

Selain ketiga nama tadi, sebenarnya masih banyak nama-nama legenda Ajax Amsterdam yang menjabat di jajaran staff kepelatihan hingga manajamen tim. Siapa saja mereka?

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%