Liga Champions

Hasil Pertandingan Semifinal Liga Champions Ajax vs Tottenham: All English Final!

Kamis, 9 Mei 2019 04:06 WIB
Editor: Juni Adi
© VI-Images/ Getty Images
Selebrasi Lucas Moura usai cetak gol ke gawang Ajax Amsterdam. Copyright: © VI-Images/ Getty Images
Selebrasi Lucas Moura usai cetak gol ke gawang Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM - Tottenham Hotspur sukses melaju ke final Liga Champions 2018/19, setelah berhasil menang 3-2 di leg kedua semifinal melawan Ajax Amsterdam di Stadion Johan Cruyff Arena, Kamis (09/05/19). 

Dengan hasil tersebut, Tottenham unggul agregat gol tandang 3-3. Anak asuh Mauricio Pochettino akan menantang Liverpool di partai final di Stadion Santiago Bernabeu pada 02 Juni 2019.

Babak I

Bertindak sebagai tuan rumah, Ajax Amsterdam langsung berinisiatif tancap gas di awal-awal menit babak pertama. Bahkan, laga baru berjalan 5 menit Ajax sudah mampu menjebol gawang Hugo Lloris.

Berawal dari sepak pojok, Matthijs De Ligt tanpa pengawalan sukses memenangkan duel udara, dan bola hasil sundulannya bersarang ke pojok kanan Lloris. Skor jadi 1-0.

Merespons ketertinggalan, Spurs coba main sabar dan lebih tertata dalam membangun serangan. Hasil terbukti, mereka mampu menyamakan skor andai bola sepakan Son Heung Min tak membentur tiang gawang, menit ke-7.

Pertandingan semakin seru ketika memasuki paruh waktu babak pertama. Kedua tim saling jual beli serangan, dan salah satun yang berbahaya adalah serangan balik Ajax menit ke-30.

Beruntung, sepakan Hakim Ziyech yang sudah berada dalam posisi one on one dengan kiper masih melenceng. Keunggulan 1-0 membuat para pemain Ajax tampil lebih santai, dan sangat menikmati permainan.

Pada menit ke-35 Ajax Amsterdam berhasil menambah keunggulan melalui sepakan keras Hakim Ziyech dari area kotak penalti. Bola yang mengarah ke sisi kiri, tidak mampu dihalau Hugo Lloris. Skor jadi 2-0.

Hasil tersebut membuat misi Tottenham untuk menang dan lolos ke final semakin berat. Karena mereka dituntut harus menang dengan margin 4 gol.

Lima menit jelang turun minum, Spurs sendiri bukan tanpa pelunag setelah tertinggal 2-0. Mereka beberapa kali coba membangun serangan untuk menciptakan peluang mencetak gol.

Namun sayang, upayanya itu kerap dipatahkan barisan belakang Ajax, dan skor 2-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Babak II

Mempunyai sisa waktu 45 menit, membuat Tottenham Hotspur langsung berinisiatif melakukan  tekanan di awal babak kedua.

Upaya mereka akhirnya berbuah hasil, karena pada menit ke-55 Tottenham Hotspur berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1, lewat gol Lucas Moura. 

Empat menit berselang, dewi fortuna kembali menaungi Tottenham. Mereka mampu mencetak gol kedua untuk menyeimbang skor menjadi 2-2, lewat gol Lucas Moura lagi menit ke-59.

Tak ingin lagi kecolongan, membuat pelatih Erik Ten Hag merespons dengan sebuah perubahan. Schone keluar, Veltman masuk yang akan mengisi bek kanan, dan Mazraoui bergeser ke gelandang.

Meski bermain sedikit bertahan, Ajax sesekali melakukan serangan. Bergerak dari sisi kiri, Tadic kembali mengarahkan bola kepada Ziyech, namun kali ini sepakan bintang Maroko itu masih melebar dari sasaran.

Lima menit memasuki injury time, sebuah keajaiban terjadi. Secara mengejutkan Tottenham berhasil mencetak gol ketiga, lagi-lagi melalui Lucas Moura menit ke-90+5. 

Spurs pun menang dengan skor 3-2. Dengan hasil tersebut, Tottenham berhak melaju ke final menantang Liverpool karena menang agregat gol tandang 3-3.