Liga Indonesia

Hitung Mundur Liga 1 2019: Pemain Asing Paling Setia Sejak Debut di Indonesia

Kamis, 9 Mei 2019 13:27 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© persib.co.id
Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel. Copyright: © persib.co.id
Striker Persib Bandung, Ezechiel NDouassel.

INDOSPORT.COM - Liga 1 2019 akan bergulir 15 Mei 2019. Pertandingan PSS Sleman vs Arema FC rencananya akan menandai partai perdana.

Tim peserta Liga 1 2019 kini tengah sibuk berburu pemain asing untuk melengkapi kuota 3+1 jelang ditutupnya jendela bursa transfer.

Gonta-ganti pemain asing telah menjadi semacam kebiasaan yang wajar bagi klub-klub sepak bola Indonesia di Liga 1. Sistem kontrak jangka pendek yang masih dianut tim Tanah Air memungkinkan para pemain asing mendapatkan evaluasi dalam kurun waktu semusim.

Tidak sedikit dari mereka yang didepak sebelum kontraknya berakhir. Hal itu disebabkan oleh ekspektasi tinggi manajemen kepada sang pemain dalam waktu singkat.

Meski begitu, tidak sedikit dari pemain asing yang langsung cepat beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Indonesia. Walhasil, mereka mampu memberikan kontribusi besar dan dikontrak dalam jangka waktu panjang.

Pemain yang setia atau bertahan lama bersama satu klub sejak pertama kali datang ke Indonesia jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Kira-kira siapa sajakah mereka?

Ezechiel N’Douassel (Persib Bandung)

Ezechiel N’Douassel datang ke Persib Bandung pada musim 2017. Tahun pertamanya bersama Persib Bandung tidak terlalu manis.

Ezechiel hanya mampu mencetak 4 gol dari 14 pertandingan di Liga 1. Namun demikian, Ezechiel mengamuk pada musim kedua dengan mencetak 22 gol di Liga 1 2018.

Kontrak Ezechiel lantas diperpanjang kontraknya oleh manajemen Persib Bandung hingga 2020. Ia akan melakoni musim ketiganya bersama Persib Bandung di bawah kepelatihan Robert Rene Alberts.