Bola Internasional

De Graafschap, Klub Belanda yang Ingin Bajak Pelatih PSM Makassar

Jumat, 10 Mei 2019 16:03 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© wikipedia.org
Logo De Graafschap. wikipedia.org Copyright: © wikipedia.org
Logo De Graafschap. wikipedia.org

INDOSPORT.COM – Klub kasta teratas sepak bola Belanda, De Graafschap saat ini mulai menjadi buah bibir bagi penikmat si kulit bundar nasional, khususnya warga Makassar. Karena De Graafschap saat ini telah mencoba untuk membajak pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Kabar itu muncul setelah situs berita asal Belanda, Omroep Gelderland, mengungkapkan jika De Graafschap mencoba untuk mencari pelatih baru dalam waktu dekat ini. Sumber itu menyebutkan jika Kalezic masuk dalam daftar incaran De Graafschap bersama Peter Hyballa dan Andries Ulderink.

Dari ketiga nama pelatih tersebut, hanya Kalezic (2009-2011) dan Ulderink (2011/12) yang pernah bekerja di De Graafschap. Dengan pengalamannya menduduki kursi kepelatihan tim berjuluk Super Farmers tersebut, Kalezic dan Ulderink kemungkinan bisa menjadi target utama.

Pasalnya, De Graafschap membutuhkan sosok pelatih yang bisa menggantikan peran Henk de Jong, sekaligus menyelamatkan mereka dari degradasi pada musim ini. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-16 (dari 18 klub) di klasemen sementara Eredivisie dengan raihan 19 poin.

De Graafschap sendiri nyatanya masih bisa beranjak dari zona merah jika berhasil menyapu bersih dua laga tersisa dengan kemenangan. Selain itu, Super Farmers juga harus berharap Emmen, yang posisinya di peringkat ke-17, menelan hasil pahit hingga akhir musim.

© twitter.com/AlmereCityFC
Almere City vs De Graafschap Copyright: twitter.com/AlmereCityFCAlmere City vs De Graafschap pada musim lalu.

Namun skenario itu terbilang sulit untuk De Graafschap. Mengingat, Super Farmers harus menghadapi klub-klub papan atas dalam dua pertandingan terakhirnya musim ini. Dua laga tersebut adalah Vitesse (12 Mei) dan Ajax Amsterdam (16 Mei).

Akan tetapi De Graafschap masih bisa terhindar dari degradasi pada musim ini. Asalkan, De Graafschap bisa memenangkan pertandingan di babak Relegaion play-off. Kemungkinan besar, De Graafschap akan berhadapan dengan Excelsior.

Artinya, De Graafschap harus mencari pelatih pengganti secepat mungkin agar bisa bertahan di Eredivisie Belanda, setidaknya hingga musim depan. Jika manajemen tetap mempekerjakan Henk de Jong, maka bukan tidak mungkin De Graafschap akan turun kasta pada musim depan.