Liga Indonesia

Hadapi Vanuatu Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Efektifkah untuk Timnas Indonesia?

Sabtu, 11 Mei 2019 15:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan memanfaatkan agenda FIFA Match Day pada Juni 2019 mendatang dengan melakoni dua pertandingan uji coba. Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) sudah memastikan jika Tim Garuda akan meghadapi Yordania dan Vanuatu.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjalani pertandingan persahabatan melawan Yordania pada 11 Juni 2019. Empat hari kemudian, anak asuh Simon McMenemy akan menjajal kekuatan perwakilan Oceania, Vanuatu.

Timnas Indonesia sendiri memanfaatkan agenda ini untuk mematangkan skuatnya sebelum bersaing di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September mendatang. Dengan begitu, para pemain Garuda wajib menampilkan permainan maksimal dalam laga uji coba.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, nyatanya sengaja mengundang Vanuatu dalam pertandingan uji coba kali ini. Ia juga telah memperhitungkan jeda waktu istirahat antara laga Yordania dengan Vanuatu.

"Kami mencari simulasi tim yang levelnya di atas dan di bawah Indonesia dengan selisih jadwal lima hari," kata asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena, beberapa waktu lalu.

Dalam kasus ini, tim yang levelnya di atas Indonesia adalah Yordania. Sedangkan tim yang kualitasnya di bawah Timnas Indonesia adalah Vanuatu.

Lalu apakah pertandingan melawan Vanuatu jelang Kualifikasi Piala Dunia 2020 efektif untuk Timnas Indonesia? Berikut INDOSPORT mencoba memberikan ulasannya.