Bola Internasional

Sepak Bola Vanuatu, Peserta Piala Dunia yang Mencetak 46 Gol dalam 1 Laga

Sabtu, 11 Mei 2019 13:49 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Vanuatu Daily Post
Timnas Vanuatu. Copyright: © Vanuatu Daily Post
Timnas Vanuatu.

INDOSPORT.COM - Ketika kita akan menghadapi lawan, mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan adalah hal wajib. Hal itulah yang harus dilakukan oleh Timnas Indonesia, jelang laga menghadapi Vanuatu.

Vanuatu? nama ini mungkin jarang bahkan tak pernah terdengar di telinga para pecinta sepak bola Indonesia dan dunia. Vanuatu merupakan negara kecil dari Oceania, yang berbentuk kepulauan.

Meski terdiri dari beberapa kepulauan, Vanuatu hanya seluas 12.189 km persegi yang masih kalah dari salah satu provinsi di Indonesia, yakni Bangka Belitung.

Provinsi berjuluk Negeri Laskar Pelangi itu memiliki wilayah sekitar 16.424 km persegi. Meski luasnya kalah cukup jauh dari Bangka Belitung, Vanuatu ternyata punya perkembangan sepak bola yang cukup pesat.

Bahkan mereka sudah resmi menjadi anggota FIFA dan OFC (federasi sepak bola Oceania) sejak tahun 1988 silam, delapan tahun sejak mereka mendapat kemerdekaan sebagai republik.

Seperti kejuaraan OFC, Pasific Games (Asian Games untuk negara-negara Oceania), Piala Melanesia dan juga Kualifikasi Piala Dunia sejak tahun 1994 silam.

Seperti di OFC Nations Cup, dari 9 kali tampil raihan terbaik mereka hanya posisi keempat pada edisi 2008 silam. Raihan terbaik Vanuatu dalam Pasific Games, mereka hanya mampu meraih tiga kali posisi ketiga terbaik dari 14 penampilan mereka di ajang tersebut.

Meski belum pernah juara Pasific Games, ternyata Vanuatu juga pernah mengukir satu rekor dalam sejarah sepak bola dunia di ajang tersebut. Yaitu rekor dengan gol terbanyak dalam satu pertandingan, berikut ulasannya.