Liga Indonesia

Alasan Persipura Jayapura Batal Berkandang di Yogyakarta

Minggu, 12 Mei 2019 13:16 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© (Persipura official)
Skuat Persipura Jayapura yang turun dalam laga uji coba menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Kamis malam (Persipura official) Copyright: © (Persipura official)
Skuat Persipura Jayapura yang turun dalam laga uji coba menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Kamis malam (Persipura official)

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Indonesia, Persipura Jayapura sempat memiliki wacana untuk memilih Yogyakarta sebagai homebase di Liga 1 2019. Namun, rencana itu dipastikan batal karena mereka telah memutuskan untuk tetap menggunakan Stadion Mandala, Jayapura.

Sebelumnya, Persipura terancam menjadi tim musafir karena stadion kebanggaan mereka akan direnovasi guna menggelar acara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Kondisi itu memaksa Persipura harus mencari kandang alternatif. 

Namun, lantaran belum ada kejelaskan terkait kapan direnovasi dan telah diizinkan untuk menggunakan Stadion Mandala, tim Mutiara Hitam akhirnya memilih tetap berada di Jayapura.

"Benar ada rencana untuk di Yogyakarta. Kami juga sempat lihat-lihat di Stadion Mandala Krida, tapi belum ada lampu. Kami pikir mahasiswa Papua banyak di sini, akan lebih meringankan karena Jogja sudah rumah kedua kami," kata asisten manajer Persipura, Bento Madubun.

"Deadline operator untuk tim memasukan nama stadion sudah tutup. Kami sudah mendaftarkan Stadion Mandala Jayapura. Yang jelas untuk beberapa pertandingan awal kita masih di Jayapura," tuturnya menambahkan.

Meski demikian, akan tiba waktunya Stadion Mandala direnovasi saat Liga 1 2019 bergulir. Untuk itu, manajemen Persipura telah mempersiapkan dua opsi, yakni menggunakan Stadion Sultan Agung (Bantul) atau Stadion Gajayana (Malang).

"Kemarin ada planning kalau tidak Jogja ya Malang. Kalau tidak bisa di Jogja dan sekitarnya, kita akan ke Malang," tegas Bento Madubun.

Tak hanya Persipura Jayapura yang nantinya akan meninggalkan Papua untuk sementara karena PON 2020. Klub asal Papua lainnya, Persewar Waropen yang berkompetisi di Liga 2 2019 juga akan meninggalkan Stadion Marora, Serui, untuk ber-homebase di Malang.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

1