Bola Internasional

Kisah Fantastis Pemain Berdarah Indonesia yang Sukses Raih Trofi Euro

Minggu, 12 Mei 2019 20:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat memperkuat Timnas Belanda usia muda. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat memperkuat Timnas Belanda usia muda.

INDOSPORT.COM – Pemain berdarah Indonesia, Thom Haye telah menorehkan prestasi fantastis ketika sukses membantu Lecce meraih tiket promosi ke Serie A Italia musim depan. Namun itu bukan satu-satunya prestasi yang ia dapatkan dalam kariernya.

Jauh sebelum bermain di kasta kedua Liga Italia, Thom Haye lebih dulu dipercaya memainkan peran di Timnas Belanda di berbagai level usia. Mulai dari Timnas Belanda U-15 hingga U-21, Thom Haye selalu mendapatkan peran di lini tengah.

Namun sayangnya, sampai kini gelandang berusia 24 tahun tersebut tak mampu mendapatkan satu tempat di Timnas Belanda senior. Situasi ini pun nampaknya menguntungkan bagi Timnas Indonesia.

Karena Thom Haye bisa saja dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang. Karena dirinya memiliki darah Indonesia, di mana sang ayah dan kakeknya berasal dari Sulawesi Utara.

Kembali ke kisah fantastis Thom Haye di Timnas Belanda usia mudia, sang gelandang nyatanya pernah meraih trofi Euro U-17. Tak hanya sekali, dirinya berhasil mengantongi trofi Euro U-17 sebanyak dua kali.

Itu terjadi ketika Thom Haye bermain bersama Timnas Belanda U-17 dalam ajang Euro U-17 2011 dan 2012 lalu. Thom Haye sendiri bermain di final Euro U-17 2012 ketika Belanda berhasil mengalahkan Jerman melalui drama adu penalti.

© UEFA.com
Thom Haye saat melawan timnas Serbia Copyright: UEFA.comThom Haye saat melawan timnas Serbia.

Pada ajang tersebut, Thom Haye memang hampir selalu menjadi pilihan utama di Timnas Belanda U-17. Terhitung, mantan pemain AZ Alkmaar tersebut memainkan 11 pertandingan dan sukses mengoleksia tiga gol.

Tiga gol tersebut mampu dilesatkan Thom Haye saat bermain di babak penyisihan grup ketika menghadapi Georgia U-17 (menang 2-0), Albania U-17 (menang 4-0), dan Bosnia-Herzegovina U-17 (menang 3-0).

Menariknya, Thom Haye juga bermain bersama pemain keturunan Indonesia lainnya, yakni Sandy Walsh. Namun pemain yang berkarier di Belgia tersebut hanya diberikan kesempatan main sebanyak lima kali di ajang Euro U-17 2012.

Sementara itu di ajang Euro U-17 2011, Thom Haye tak mendapatkan banyak kesempatan. Gelandang yang memiliki postur 177 cm tersebut hanya diberikan kepercayaan sebanyak dua kali oleh sang pelatih.

Ia dimainkan saat Timnas Belanda U-17 bermain imbang 0-0 dengan Republik Ceko U-17 di penyisihan. Thom Haye kembali diturunkan ketika menang atas Inggris U-17 di babak semifinal Euro U-17 2011.

Timnas Belanda U-17 akhirnya berhasil memenangkan ajang Euro U-17 2011 setelah menumbangkan Jerman U-17 dengan skor 5-2. Sayangnya, Thom Haye tak diberikan kesempatan satu menit pun untuk memainkan peran di partai final.

Namun Thom Haye mendapatkan kesempatan bermain dengan bintang Eropa, salah satunya adalah Memphis Depay. Pengalaman itu bisa menjadikan nilai tambah Thom Haye di mata pecinta sepak bola Indonesia.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%