Liga Italia

Thom Haye, Pemain Keturunan Indonesia yang Bawa Lecce Promosi ke Serie A

Minggu, 12 Mei 2019 19:41 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© thomhaye
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat berseragam Lecce. Copyright: © thomhaye
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat berseragam Lecce.

INDOSPORT.COM – Pemain keturunan Indonesia menorehkan prestasi fantastis di persepakbolaan Eropa. Pemain yang dimaksud adalah pemain yang berkarier di kasta kedua Liga Italia, yakni Thom Haye.

Thom Haye terdaftar sebagai pemain Lecce sejak musim 2018/19 ini. Pada musim pertamanya bersama Lecce, Thom Haye sukses membawa klub yang identik dengan warna kuning tersebut promosi ke kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A.

Kesuksesan itu ia raih ketika Lecce berhasil menyelesaikan kompetisi Serie B Italia musim ini di peringkat kedua klasemen akhir dengan raihan 66 poin. Klub yang mendapatkan julukan I Salentini tersebut hanya terpaut satu poin dari pemuncak klasemen Serie B Italia, yakni Brescia.

Seperti yang sudah ditentukan dalam regulasi, kompetisi Serie B Italia memberikan tiket promosi langsung kepada tim yang mampu finis di dua peringkat teratas. Artinya, Lecce dan Brescia sudah dipastikan mendapatkan satu tempat di Serie A Italia musim depan.

Lecce sendiri berhasil menjadi klub yang paling banyak menorehkan kemenangan di sepanjang kompetisi Serie B Italia musim 2018/19 dengan jumlah 19 kali. Mereka bahkan mengalahkan torehan kemenangan juara Serie B Italia, yakni Brescia (18 kali).

© thomhaye
Pemain keturunan Indonesia, Thom Haye. Copyright: thomhayePemain keturunan Indonesia, Thom Haye saat bermain bersama Lecce.

Dengan begitu, Thom Haye kemungkinan besar akan tampil di kompetisi Serie A Italia pada musim depan. Itu bisa saja terjadi jika manajemen Lecce tak mencoret nama Thom Haye dalam skuatnya pada musim depan.

Thom Haye sendiri diberikan kesempatan bermain sebanyak 15 kali oleh pelatih Lecce, Fabio Liverani, di semua kompetisi musim ini. Dari 15 kali permainan, Thom Haye dijadikan starter sebanyak empat kali.

Menurut laporan Transfermarkt, Thom Haye berhasil menyumbangkan satu assist saat bermain di kompetisi Serie B Italia. Itu terjadi ketika Lecce berhadapan dengan Livorno. Saat itu Thom Haye mengirimkan umpan kepada Andrea La Mantia, sekaligus membuat Lecce menang 3-2.

Masuknya Thom Haye di menit ke-84 pun akhirnya menyelamatkan Lecce dari kekalahan. Sekedar informasi, saat itu Lecce tertinggal 1-2 terlebih dahulu sebelum akhirnya menang 3-2 atas Livorno.

Sayangnya, pemain yang saat ini masih berusia 24 tahun tersebut tak mampu menciptakan gol untuk Lecce sepanjang musim ini. Namun torehan satu assist di kompetisi Serie B Italia tersebut nyatanya cukup bagus untuk Thom Haye.

Thom Haye sendiri merupakan pemain yang biasa beroperasi di lini tengah alias gelandang. Namun mantan gelandang Timnas Belanda usia muda tersebut bisa juga memainkan peran di sisi lapangan sebagai pemain sayap kiri.

Sekedar informasi, garis keturunan Indonesia yang ada dalam darah Thom Haye hadir dari sang ayah dan kakek. Di mana ayah dan kakeknya merupakan warga asli Indonesia yang berasal dari Sulawewsi Utara.

Thom Haye pun bisa saja dinaturalisasi dan tampil bersama Timnas Indonesia di masa mendatang. Karena dirinya belum memainkan pertandingan resmi bersama Timnas Belanda senior sepanjang karier sepak bola profesionalnya.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Italia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%