Liga Inggris

Brighton vs Manchester City: Laga Bertajuk Perpisahan Dua Kapten Tim?

Senin, 13 Mei 2019 13:16 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Image
Vincent Kompany mengisyaratkan kode akan hengkang dalam pertandingan melawan Brighton (12/5/19). Copyright: © Getty Image
Vincent Kompany mengisyaratkan kode akan hengkang dalam pertandingan melawan Brighton (12/5/19).

INDOSPORT.COM – Laga pekan terakhir Liga Primer Inggris 2018/19 yang mempertemukan Brighton & Hove Albion dan Manchester City pada Minggu (12/05/19) menjadi penuh haru di menit-menit akhir. Pasalnya, kedua kapten tim, Bruno dan Vincent Kompany, mengisyaratkan 'kode' kepergian mereka saat ditarik keluar.

Saat Bruno ditarik keluar pada menit ke-84, bek kanan asal Spanyol itu menyalami semua rekan setim dan pemain lawan yang ada di lapangan termasuk wasit. Sang kapten Brighton itu kemudian mendapat sambutan meriah dari suporter kandang. Ia menjadi bagian penting The Seagulls saat promosi ke Liga Primer Inggris pada 2017/18.

Bruno yang telah berusia 38 tahun akan pensiun dari dunia sepak bola saat kontraknya tepat habis pada 30 Juni 2019. Mantan pemain Valencia ini mencatatkan 14 penampilan dan satu assist dalam musim terakhirnya ini.

Dua menit berselang, Kompany melakukan hal yang sama dengan Bruno. Sebelum meninggalkan lapangan, ia terlebih dulu menyerahkan ban kapten kepada Sergio Aguero dan digantikan oleh Nicolas Otamendi.

Dengan gestur tersebut, nasib Kompany di Manchester City diyakini akan berakhir. Bek asal Belgia ini belum kunjung memperpanjang kontraknya meski kontribusinya sangat besar. Gol tendangan jarak jauhnya melawan Leicester City pada pekan ke-37 lalu krusial terhadap gelar juara The Citizens musim 2018/19 ini.

Kompany yang ‘masih’ berusia 33 tahun ini diyakini masih bisa menawarkan sesuatu di kancah tertinggi kompetisi sepak bola Inggris. Namun, manajer Pep Guardiola tampaknya akan mengutamakan peremajaan skuat untuk musim mendatang. Dalam dua musim terakhir pun, Pep mendatangkan Stones dan Laporte yang jauh lebih muda dari Kompany.

Laga tersebut sendiri dimenangkan oleh The Citizens dengan skor 4-1. Meski tertinggal akibat sundulan Glenn Murray pada menit ke-27, Aguero berhasil menyamakan kedudukan semenit berselang dengan memanfaatkan umpan backheel David Silva.

Sejak itu, Manchester City terus membombardir gawang Brighton yang dijaga oleh Matt Ryan. Intensitas serangan Aguero dkk tiga gol tambahan yang tercipta melalui Laporte, Riyad Mahrez, dan Ilkay Gundogan. Kemenangan tersebut memastikan gelar juara The Citizens setelah unggul satu poin atas Liverpool di klasemen.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Ikuti Update Berita Sepak Bola Seputar Liga Primer Inggris Lainnya di INDOSPORT.COM