Liga Indonesia

Melihat Kembali Jejak Klub Asal Bogor di Sepak Bola Indonesia

Senin, 13 Mei 2019 19:35 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo klub bola Indonesia Bogor Fc. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo klub bola Indonesia Bogor Fc.

INDOSPORT.COM - Ada 3 klub asal Kota Bogor yang berlaga di kasta berbeda. Berikut jejak klub asal Kota Bogor di sepak bola Indonesia. 

Kota Bogor, menjadi salah satu kota yang cukup terkenal di Indonesia. Kota yang berjuluk Kota Hujan ini menjadi bagian dari kawasan Jabodetabek yang tak luput dari sorotan. 

Kota Bogor juga menjadi hunian bagi banyak orang yang bekerja di Jakarta. Presiden Joko Widodo juga memilih Kota Bogor sebagai tempat tinggal. 

Selain terkenal karena Kebun Raya Bogor atau Istana Bogor, kota ini juga dikenal dengan beragam kulinernya, mulai dari Asinan Bogor, Laksa Bogor, atau Soto Mie. 

Tetapi, untuk urusan sepak bola Kota Bogor masih lebih tertinggal dari kota lain di sekitar Ibu Kota Jakarta, contohnya Tangerang. Persita Tangerang pernah menjadi runner up Liga Indonesia 1999/00. 

Sedangkan klub asal Kota Bogor belum ada yang berprestasi tinggi di sepak bola Indonesia. Berikut jejak klub asal Kota Bogor di sepak bola Indonesia.  

PSB Bogor

PSB Bogor menjadi salah satu klub paling tua yang berasal dari Bogor. PSB Bogor sudah berdiri sejak tahun 1950. 

Klub yang bermarkas di Stadion Pajajaran ini seharusnya mengikuti Liga 3 2019 dari Asprov PSSI Jawa Barat. Namun masalah finansial membuat PSB Bogor dicoret dari keikutsertaannya di Liga 3 2019. 

Sudah 3 musim ini PSB Bogor berkutat dengan Liga 3. Sebelum era Liga 3, PSB Bogor belum menunjukkan prestasi yang mentereng. 

Padahal klub berjuluk Laskar Pakuan ini pernah diperkuat oleh pemain seperti Bako Sadissou, Tugiyo, hingga Ellie Aiboy. 

Bogor FC

Bogor FC adalah pendatang baru di sepak bola Bogor. Bogor FC sebelumnya adalah Persikad Depok yang telah diakusisi dan pindah homebase ke Bogor. 

Setelah melewati Liga 3 2018 dengan cukup baik, Bogor FC promosi ke Liga 2019. Bogor FC juga sempat mengontrak Vladimir Vujovic sebagai pelatih, namun Vujovic telah hengkang ke PSIM Yogyakarta. 

TIRA - Persikabo

Satu lagi klub asal Kota Bogor saat ini adalah TIRA Persikabo. Klub ini adalah merger atau gabungan dari PS TIRA dan Persikabo Bogor. 

Persikabo Bogor sudah berdiri sejak 23 Desember 1973. Sebelumnya, Persikabo bermain di kompetisi Liga 2 2019 namun terdegradasi ke Liga 3. 

Beruntung Persikabo merger dengan PS TIRA dan berhak mentas di Liga 1 2019. Ini adalah pertama kalinya klub asal Bogor kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. 

Terakhir kali klub asal Bogor berada di kasta tertinggi adalah musim 2007. Saat itu Persikabo Bogor tampil di Wilayah Barat Divisi Utama Liga Indonesia. 

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM