Liga Indonesia

Era Irfan Bachdim, Jersey Chonburi Tak Kalah Banyak Sponsor Dibanding Persib

Selasa, 14 Mei 2019 16:41 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Jersey yang akan digunakan Persib Bandung untuk mengarungi musim 2019. Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Jersey yang akan digunakan Persib Bandung untuk mengarungi musim 2019. Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Isu mengenai jersey terbaru Persib Bandung yang banyak dipenuhi sponsor sebenarnya juga pernah menimpa Chonburi FC. Jersey klub sepak bola Liga Primer Thailand tersebut juga memiliki banyak sponsor ketika masih dibela Irfan Bachdim pada musim 2013.

Saat itu, terdapat sembilan sponsor yang terpampang di jersey Chonburi. Tiga sponsor masing-masing berada di sisi depan dan belakang. Sisanya, dua sponsor berada di lengan kiri dan satu di lengan kanan.

Sedangkan, sponsor yang terpajang di jersey Persib untuk musim 2019 ini terbilang lebih banyak, yakni 14. Namun, secara jumlah, pernyataan fans Chonburi yang menyebutkan sponsor Persib terlalu banyak sangat bisa diperdebatkan karena tidak jauh berbeda.

© Goal
Irfan Bachdim dengan jersey Chonburi FC. Copyright: GoalIrfan Bachdim dengan jersey Chonburi FC.

Chonburi sendiri tengah digosipkan diserang Bobotoh karena komentar miring fansnya mengenai jersey tim Maung Bandung untuk kompetisi Shopee Liga 1 2019. Beberapa fans Chonburi berkomentar mengenai banyaknya sponsor yang terpampang di jersey Persib.

Bahkan, salah satu akun Twitter fans klub Thailand tersebut mengunggah cuitan dengan nada ejekan kepada jersey baru Persib. Mereka menilai hal tersebut cukup mengganggu dan kurang enak dipandang.

Namun, Persib tentu memiliki alasan mengenai jersey baru mereka yang dihiasi banyak sponsor. Komisaris Utama PT PBB Zainuri Hasyim mengatakan, sponsor merupakan salah satu faktor penting dalam pengelolaan sepak bola. Dengan banyaknya sponsor, Persib menjadi salah satu tim yang sangat didukung banyak pihak.

“Dengan banyaknya sponsor, Persib patut bersyukur. Pengelolaan sepak bola harus punya dana kuat, salah satu dukungan kuat dari sponsor,” ujar Zainuri ketika menghadiri launching tim Persib di Hotel Savoy Homann, Sabtu (11/05/19) lalu.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM