Bola Internasional

Gokil! Tiga Wasit Wanita Bakal Cetak Sejarah di Sepak Bola Asia

Selasa, 14 Mei 2019 18:30 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sport Bible
Ilustrasi wasit wanita memimpin pertandingan sepak bola. Copyright: © Sport Bible
Ilustrasi wasit wanita memimpin pertandingan sepak bola.

INDOSPORT.COM - Turnamen Piala AFC 2019 akan menorehkan sejarah baru di sepak bola Asia setelah menunjuk wasit dan perangkat pertandingan wanita untuk pertama kalinya.

Untuk kali pertama, pertandingan sepak bola terakhir babak penyisihan grup F Piala AFC 2019 yang mempertemukan Yangon United vs Nagaworld, di stadion Thuwanna YTC, Myanmar, Rabu (15/05/19) mendatang akan dipimpin oleh satu wasit dan dua hakim garis wanita asal Jepang.

Dilansir dari akun instagram @foxsportsasia, wasit wanita tersebut bernama Yoshimi Yamashita, sementara dua hakim garisnya masing-masing bernama Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi. Penunjukan ini pun dikatakan Yamashita sebagai salah satu mimpinya yang menjadi kenyataan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FOX Sports Asia (@foxsportsasia) on

"Ini merupakan salah satu impian saya. Kami telah bekerja sangat keras dan inilah hasilnya. Saya berterimakasih pada AFC yang telah memberikan kami kesempatan untuk bergabung dalam sejarah perwasitan perempuan yang ada di Asia," ujar wasit yang juga pernah memimpi laga Piala Dunia Putri U-17 dikutip dari media hindustantimes.

Sementara itu, oficial AFC juga telah melontarkan pernyataan terkait penunjukan Yamashita bersama kedua rekannya sebagai petugas pertandingan dalam laga terakhir penyisihan grup F di Myanmar.

"Ini akan menjadi pertama kalinya tiga wasit perempuan memimpin kompetisi klub Konfederasi Sepak Bola Asia, menandai tonggak baru dalam wasit Asia," ujar ofisial AFC

Hakim garis Teshirogi juga ikut memberi pernyataan yang menyebutkan bahwa hal ini akan menginspirasi wasit wanita di Asia,sementara rekannya, Bozono menyebutkan bahwa pertandingan ini akan membantunya dalam mempersiapkan diri untuk kompetisi Piala Dunia Wanita FIFA pada bulan Juni mendatang.

“Sangat menyenangkan bekerja dengan Yoshimi dan Naomi. Mereka sangat berpengalaman dan sangat mendukung. Saya akan belajar banyak dari mereka," ujar Bozono.

Ketiga wasit ini juga telah terdaftar dalam 12 nama dari Asia yang akan terlibat dalam pertandingan Piala Dunia Wanita di Prancis yang dimulai pada Juni 2019 mendatang.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM