Liga Indonesia

Sekjen PSSI Bongkar Alasan Uji Coba Lawan Negara 'Antah Berantah', Klise?

Selasa, 14 Mei 2019 11:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/4/19). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisha saat menghadiri pembukaan Elite Pro Academy Liga 1 Indonesia U-16 musim 2019 di Stadion SPOrT Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Jumat (19/4/19). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, angkat bicara mengenai keputusan final memilih Vanuatu sebagai lawan uji coba tim nasional Indonesia pada FIFA matchday, 15 Juni mendatang. 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha, menjelaskan bahwa pilihan mengundang tim dari konfederasi Oseania itu adalah bagian dari startegi pihaknya untuk mendongkrak peringkat Indonesia di tabel ranking dunia FIFA.

Tak hanya itu, Vanuatu juga dianggap pilihan tepat untuk menjaga performa serta kepercayaan diri para pemain. Sebab, empat hari sebelumnya, yakni pada 11 Juni, Indonesia dijadwalkan bertolak ke Timur Tengah menyambangi kediaman Yordania. 

Menurut Tisha, tim pelatih telah menyetejui laga uji coba melawan Vanuatu yang notabene peringkatnya berada di bawah Indonesia. Hal ini dikarenakan dua laga uji coba itu sebagai simulasi tepat menuju putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Untuk area strategi dalam hal mendongrak peringkat. Kami sedang bersiap menyambut putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan pemilihan lawan itu yang berat duluan, yakni Yordania, kemudian baru Vanuatu," tutur Tisha.

Terakhir kali Indonesia bertanding melawan negara asal konfederasi OSeania adalah pada 2017 lalu ketika meraih hasil kurang memuaskan saat menjamu Fiji di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, yang diketahui berakhir imbang tanpa gol.

Sementara itu, berdasarkan ranking FIFA, Vanuatu berada di bawah Indonesia. Mereka menempati peringkat ke-166 dunia, sedangkan Tim Garuda Indonesia menduduki peringkat ke-159. ‎

Geledah Stadion Tugu Bareng Pentolan NJ Mania

Ikuti Terus Perkembangan Sepak bola Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT