Bola Internasional

Bukan Hanya Persib, Chonburi FC Juga Pernah ‘Sakiti’ Indonesia

Rabu, 15 Mei 2019 11:17 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Nama klub sepak bola Liga Thailand, Chonburi FC, beberapa hari terakhir mendadak viral di jagad maya Indonesia setelah tersandung masalah ejekan terhadap jersey baru Persib Bandung.

Salah satu akun Twitter yang manamakan dirinya @chonburi_fc mengunggah cuitan bernada ejekan terkait banyaknya sponsor yang menghiasi jersey terbaru Persib yang akan digunakan pada kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2019.

Akibat unggahan tersebut, akun Instagram resmi Chonburi pun diserbu oleh para pendukung Persib yang kebanyakan merasa kesal karena seragam tempur klub kesayangan mereka menjadi bahan ejekan.

Pasca kejadian itu, Chonburi pun akhirnya meminta maaf secara terbuka kepada Persib dan pendukungnya serta menjelaskan bahwa akun Twitter yang mengunggah cuitan bernada ejekan pada jersey Maung Bandung bukanlah akun resmi milik klub yang bermain di kasta teratas Liga Thailand tersebut.

Namun, sebelum nama Chonburi ramai dibicarakan akibat ejekan pada jersey baru Persib, klub berlogo ikan hiu itu sudah pernah ‘menyakiti’ Indonesia di level sepak bola internasional.

Ya, Chonburi pernah membuat kecewa Indonesia pada gelaran Piala AFF 2016 lalu. Indonesia yang kala itu berhasil melaju babak final, harus mengakui  keunggulan Thailand di partai puncak Piala AFF 2016 dengan agregat 2-3.

Di dalam skuat Timnas Thailand yang mengalahkan Indonesia pada ajang Piala AFF 2016, ada empat pemain asal Chonburi yakni Kroekrit Thaweekarn, Pookklaw Anan, Chanin Sae-ear, dan juga Prakit Deeprom.

Selain keempat anggota Timnas Thailand di Piala AFF 2016, beberapa mantan pemain Chonburi juga pernah menyakiti Indonesia di kejuaraan antar negara-negara ASEAN tersebut.

Pencetak hat-trick ke gawang Indonesia pada partai final Piala AFF 2000 (dulu Piala Tiger), Worrawoot Srimaka, ternyata juga pernah membela Chonburi. Worrawoot membela Chonburi pada tahun 2007. Selain Worrawoot, eks pemain Chonburi lain yang pernah menorehkan luka pada Indonesia adalah gelandang legendaris Timnas Thailand, Therdsak Chaiman.

Therdsak adalah salah satu pencetak gol Thailand ke gawang Indonesia pada partai final Piala AFF 2002, dimana saat itu Timnas Garuda kalah menyakitkan lewat drama adu penalti. Therdsak sendiri sempat bermain untuk Chonburi pada tahun 2010 lalu.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Terus Ikuti Berita Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM