Liga Italia

Cittadella, Klub 'Muda' Italia yang Kejar Debut di Serie A Musim Depan

Rabu, 15 Mei 2019 19:40 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Tullio M. Puglia/Getty Images for Lega B
Cittadella kejar debut di Serie A musim depan Copyright: © Tullio M. Puglia/Getty Images for Lega B
Cittadella kejar debut di Serie A musim depan

INDOSPORT.COM – AS Cittadella masih bisa mendapatkan kesempatan untuk bersaing di kompetisi Serie A Italia pada musim depan. Itu terjadi ketika Cittadella finis di zona play-off Serie A Italia pada musim ini.

Klub yang memiliki nama panggilan Citta tersebut berhasil menyelesaikan musim ini di peringkat ketujuh klasemen akhir Serie B Italia dengan torehan 51 poin. Itu sudah cukup bagi mereka untuk bersaing mendapatkan satu tempat di Serie A Italia musim depan.

Sekedar informasi, kompetisi Serie B Italia memberikan tiket promosi langsung dua tim teratas. Saat ini, dua tim teratas di kompetisi Serie B Italia dihuni oleh Brescia (peringkat 1) dan Lecce (posisi ke-2).

Sedangkan peringkat tiga hingga delapan, masih memiliki peluang untuk promosi lewat babak play-off. Enam klub yang ada di zona tersebut adalah Benevento (posisi ke-3), Pescara (4), Hellas Verona (5), Spezia (6), Cittadella (7), dan Perugia (8).

Cittadella sendiri harus berhadapan dengan Spezia di perempatfinal babak play-off. Jika mereka sukses mengalahkan Spezia, maka Cittadella akan berhadapan dengan Benevento yang sudah menunggu di babak semifinal.

Meski namanya begitu asing di telinga sepak bola, namun penampilan Cittadella sendiri cukup mengagumkan pada musim ini. Bagaimana tidak, Cittadella menjadi klub yang paling sedikit kebobolan ketimbang delapan tim besar Serie B Italia.

Terhitung, klub yang bermarkas di Stadion Pier Cesare Tombolato tersebut hanya kebobolan 38 gol sepanjang musim 2018/19 ini. Jumlah kebobolan itu lebih sedikit dibandingkan dengan juara Serie B Italia, Brescia, yakni 42 gol.

Gabriele Moncini, Ujung Tombak Cittadella

© Giuseppe Bellini/Getty Images
Gabriele Moncini melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Ascoli Picchio di Stadio Pier Cesare Tombolato 28 April 28 2019. Giuseppe Bellini/Getty Images Copyright: Giuseppe Bellini/Getty ImagesGabriele Moncini melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Ascoli Picchio di Stadio Pier Cesare Tombolato 28 April 28 2019. Giuseppe Bellini/Getty Images

Selain soal pertahanan, salah satu dampak yang membuat Cittadella masuk ke zona play-off Serie A Italia tak terlepas dari aksi Gabriele Moncini. Penyerang asal Italia tersebut berhasil mendongkrak produktivitas tim pada musim ini.

Bagaimana tidak, Moncini berhasil menjadi pencetak gol terbanyak Cittadella pada musim ini. Terhitung, mantan pemain SPAL tersebut mampu mengemas 12 gol dan satu assist dari 17 pertandingan di Serie B Italia.

Padahal, Moncini baru saja didatangkan pada paruh musim, yakni pada bursa transfer Januari. Namun dirinya langsung nyetel dengan permainan Cittadella dan langsung menjadi mesin gol di tim barunya.

Menariknya, Moncini sendiri masih terbilang cukup muda. Usianya saat ini masih menyentuh 23 tahun. Artinya, Moncini masih bisa menjadi tumpuan Cittadella dalam jangka waktu yang cukup panjang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%