Liga Spanyol

Rekrut Griezmann dari Atletico Madrid, Barcelona Harus Ingat Tragedi Arda Turan

Rabu, 15 Mei 2019 19:23 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Angel Boluda/Action Plus via Getty Images.
Gelandang serang asal Turki, Arda Turan, yang gagal bersinar di Barcelona setelah dibeli dari Atletico Madrid. Copyright: © Angel Boluda/Action Plus via Getty Images.
Gelandang serang asal Turki, Arda Turan, yang gagal bersinar di Barcelona setelah dibeli dari Atletico Madrid.

INDOSPORT.COM – Rumor mengenai Barcelona yang akan menggaet Antoine Griezmann dari Atletico Madrid harus dipikirkan baik-baik oleh klub asal Catalan tersebut. Pasalnya, Barca mengalami kegagalan dengan merekrut Arda Turan pada musim 2015/16 dari klub yang sama.

Griezmann sendiri baru saja mengumumkan akan meninggalkan Atletico Madrid pada Selasa (14/5/19). Dalam lima musim terakhir, bintang Prancis itu menjadi bagian krusial dalam skuat asuhan Diego Simeone. Sejak didatangkan dari Real Sociedad pada 2014/15, ia telah mencetak 133 gol dan 50 assists dalam 256 penampilannya.

Hal tersebut serupa dengan nasib Arda Turan di Los Rojiblancos sebelum direkrut Barca. Gelandang serang flamboyan asal Turki itu menjadi pemain inti di Atletico ketika meraih gelar juara LaLiga Spanyol pada musim 2013/14.

Dalam empat musimnya di sana, ia selalu bermain lebih dari 30 kali di kancah LaLiga Spanyol. Jika dijumlahkan, pemain kelahiran Istanbul itu bermain untuk Atletico dalam 178 penampilan di semua kompetisi dengan torehan 22 gol dan 32 assists.

Kiprahnya di Los Rojiblancos menarik hati manajer Luis Enrique. Ia didatangkan pada musim panas 2015 dengan harga 30,6 juta poundsterling (sekitar 571 miliar rupiah). Namun, kiprahnya di Blaugrana sempat tertunda mengingat Barcelona sedang dikenakan larangan transfer yang baru berakhir pada awal 2016.

Nasibnya di Barcelona menemui jalan terjal setelah kalah bersaing dengan megabintang Lionel Messi dan Neymar. Selain itu, ia kerap dibekap berbagai cedera yang mengharuskannya absen dalam 36 pertandingan yang Barcelona mainkan.

Alhasil, pemain yang dikontrak hingga Juni 2020 ini baru bisa bertahan dua musim di Barcelona dengan hanya mengemas 55 penampilan.

Sejak musim 2017/18 lalu, ia dipinjamkan ke klub asal kota kelahirannya, Istanbul Basaksehir. Dengan rekam jejak itu, Arda Turan bahkan digadang-gadang sebagai salah satu pembelian terburuk Barcelona dalam 20 tahun terakhir.

Kiprahnya di Turki pun lagi-lagi tidak cemerlang seperti saat membela Atletico. Ia mengalami masalah yang sama, yakni dirundung berbagai macam cedera. Hingga saat ini, ia baru bermain sebanyak 27 kali di semua kompetisi sepak bola Turki.

Mengingat Lionel Messi masih berada di puncak performanya, Griezmann sendiri juga harus berhati-hati jika ingin pindah ke klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut.

Pasalnya, beberapa nama seperti Neymar memilih hengkang karena kurang mendapatkan ‘sinar’ yang ia inginkan. Terlebih, Philippe Coutinho saat ini juga dalam situasi yang sama dengan kompatriotnya itu. Ia juga masih harus bersaing ketat dengan Malcom dan Ousmane Dembele untuk memperebutkan menit bermain.

Ikuti Update Berita Sepak Bola LaLiga Spanyol Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%