Liga Indonesia

Stadion Maguwoharjo: ‘San Siro’ Mini yang Dipenuhi Warna Biru sebagai Markas PSS

Rabu, 15 Mei 2019 20:27 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INTERNET
Stadion Maguwoharjo. Copyright: © INTERNET
Stadion Maguwoharjo.

INDOSPORT.COM – Klub promosi PSS Sleman akan melakoni laga pembuka Shopee Liga 1 2019 melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo pada Rabu (15/5/2019) malam tepat pukul 20.30 WIB.

Laga malam nanti akan dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo yang notabene merupakan markas PSS Sleman selama ini. Stadion ini berada dibawah pengelolaan Pemerintah Kabupaten Sleman dan perizinan pemakaian lapangan sepenuhnya kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Maguwoharjo.

Stadion berstandar internasional ini dibangun pada tahun 2005 dan memiliki kapasitas hingga 40.000 penonton. Sayangnya stadion yang desainnya mirip dengan San Siro sebagai markas AC Milan di Italia ini belum dilengkapi dengan single seat bagi para penonton.

Konsep mini San Siro ditandai dengan menara yang terletak di empat penjuru stadion tersebut. Keempat menara tersebut sangat melekat dengan markas bersama AC Milan dan Inter Milan selama ini. Namun, sayangnya konsep mini San Siro belum dibarengi dengan kekhasan PSS sebagai tim yang bermarkas di tempat itu.

Stadion yang sempat mengalami perbaikan akibat gempa Jogja 2007 ini justru dipenuhi corak berwarna biru. Padahal PSS sendiri identik dengan warna hijau karena penggunaan jersey dan logo yang ada di klub tersebut. Hampir keseluruhan bagian luar stadion tersebut dilingkari warna biru.

Selain tembok, tempat duduk pemain di bench pun juga menggunakan warna biru. Selain itu, tribun untuk very important person (VIP) masih menggunakan warna biru, warna hijau justru digunakan di tribun sebelah utara dengan harga tiket termurah.

Corak warna biru lainnya ada di depan stadion yang pernah digunakan sebagai tempat pengungsian meletusnya Gunung Merapi 2010 tersebut. Sponsor yang melekat pada stadion ini memang identik dengan warna biru sehingga mereka memasang iklannya dengan warna yang sama pada bagian depan stadion.

Warna biru itu pun beberapa kali mendapat kritikan dari suporter PSS karena kurang menggambarkan klub tersebut. Apalagi warna biru justru melekat pada tim rival seprovinsi mereka yakni PSIM Yogyakarta.

Apabila Stadion Maguwoharjo jadi direnovasi dengan penambahan single seat kelak, warna hijau nampaknya perlu dipertimbangkan untuk memenuhi corak stadion kebanggaan masyarakat Sleman supaya nuansa PSS makin melekat di setiap sudut stadion.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%