Bola Internasional

Hati-hati Egy Maulana Vikri, Pemain Asia Ini Gagal di Man United

Kamis, 16 Mei 2019 14:24 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© echia.pl
Egy Maulana Vikri tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Wiked Luzino. Copyright: © echia.pl
Egy Maulana Vikri tengah mengeksekusi bola ke arah gawang Wiked Luzino.

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Manchester United pernah begitu identik dengan pemain asal Benua Asia. Park Ji-sung adalah salah satu pemain asal Benua Kuning yang namanya melegenda di tim Setan Merah.

Pemain asal Korea Selatan itu menjadi pemain paling sukses di Manchester United, bahkan Liga Inggris. Selama tujuh musim berseragam Setan Merah, Park sukses meraih beragam trofi bergengsi, termasuk empat gelar Liga Primer Inggris, satu trofi Liga Champions Eropa, dan satu titel Piala Dunia Klub.

Selain Park, pemain Asia lain yang menorehkan prestasi bersama Manchester United adalah Shinji Kagawa. Meski tak lama membela klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut, namun Kagawa berhasil meraih dua gelar di Tanah Britania.

Pemain asal Jepang itu merupakan bagian skuat Manchester United saat menjuarai Liga Primer Inggris musim 2012/13. Selain satu gelar Liga Primer Inggris, Kagawa juga meraih satu trofi FA Community Shield 2013.

Namun, tidak semua pemain asal Asia berhasil meraih kesuksesan di Manchester United. Salah satu talenta Asia yang gagal bersinar bersama Setan Merah adalah Dong Fangzhuo. Dong merupakan pemain muda yang didatangkan oleh manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, pada tahun 2002 silam.

© goal
Dong Fangzhuo Copyright: goalDong Fangzhuo saat membela Man United.

Meski tercatat empat musim sebagai bagian Manchester United, namun Dong nyaris tak pernah tampil di skuat utama Setan Merah. Ia hanya mencatatkan satu laga bersama Manchester United di kompetisi Liga Primer Inggris. Selebihnya, pemain asal China itu lebih banyak dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dilepas pada tahun 2008.

Kegagalan Dong berkarier di Liga Inggris tentu wajib menjadi perhatian seorang Egy Maulana Vikri. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir nama Egy dikait-kaitkan dengan Manchester United.

Sebelumnya, kanal berita sepak bola The Sun melaporkan bahwa Manchester United sedang mencari bibit-bibit muda yang dijuluki The Next Lionel Messi dari seluruh penjuru dunia. Nama Egy Maulana Vikri yang disebut-sebut sebagai Messi-nya Indonesia pun masuk dalam daftar pemain-pemain muda yang menjadi incaran Manchester United.

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama 

Terus Ikuti Berita Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

1