Liga Inggris

Legenda Olahraga: Park Ji-sung, Pemain Asia Tersukses di Manchester United

Kamis, 16 Mei 2019 15:40 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Eli Suhaeli/INDOSPORT/photobucket/lechia.pl
Park Ji-Sung dan Egy Maulana VIkri. Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT/photobucket/lechia.pl
Park Ji-Sung dan Egy Maulana VIkri.

INDOSPORT.COM - Park Ji-sung menandai kesukseksan pemain Asia di Manchester United dan Liga Primer Inggris. Park Ji-sung membuat jalan pemain Asia semakin mudah di Liga Primer Inggris. 

Manchester United dikabarkan mulai mencari pemain baru untuk musim depan. Pemain baru yang diinginkan oleh Manchester United adalah The Next Lionel Messi. 

Seperti yang diberitakan oleh The Sun, satu nama yang mencuat adalah pemain asal Turki, Abdulkadir Omur. Selain Abdulkadir Omur, The Sun juga mencantumkan beberapa nama pemain asal Asia, termasuk Egy Maulana Vikri yang disebut sebagai Messi-nya Indonesia. 

Hadirnya pemain-pemain Asia dalam daftar tersebut sangat beralasan, apalagi melihat rekam jejak Manchester United yang pernah diperkuat pemain asal Asia. Tercatat 3 kali Manchester United pernah diperkuat pemain asal Asia. 

Yang pertama adalah Dong Fangzhou, pemain asal China yang bermain pada periode 2004-2008. Lalu ada Park Ji-sung asal Korea Selatan yang bermain di periode 2005-2012. 

Serta yang terakhir adalah Shinji Kagawa asal Jepang pada periode 2012-2014. Khusus untuk Park Ji-sung, ia adalah pemain asal Asia paling sukses di Manchester United. 

Berikut INDOSPORT menyajikan profil singkat dan rekam jejak Park Ji-sung, legenda sepak bola Korea Selatan dan pemain Asia tersukses di Manchester United. 

Profil Singkat

Park Ji-sung lahir di Seoul, Ibu Kota Korea Selatan pada 25 Februari 1981 dan kini berusia 38 tahun. Park Ji-sung memulai karier sepak bola bersama tim Myongji University saat sedang kuliah. 

Park Ji-sung kemudian bermain di J1 League bersama Kyoto Purple Sanga yang kemudian membawanya ke Piala Dunia 2002 dimana Korea Selatan menjadi tuan rumah. 

Tahun 2003, PSV Eindhoven kepincut dan memboyongnya ke Belanda. Dua tahun berselang, Manchester United merekrut Park Ji-sung, bersama Manchester United Park Ji-sung bermain selama 7 musim lamanya. 

Rekam Jejak dan Prestasi

Bersama Manchester United pula Park Ji-sung mencatatkan satu demi satu prestasi. Gelar pertama Park Ji-sung bersama Manchester United adalah Piala Liga Inggris pada tahun 2006, atau musim perdananya bersama Manchester United. 

Gelar Piala Liga Inggris kemudian kembali diraih Park Ji-sung bersama Manchester United pada 2009 dan 2010. Gelar berikutnya yang diraih Park Ji-sung bersama Manchester United adalah Liga Primer Inggris. 

Musim 2006/07, 2007/08, 2008/09, serta 2010/11 menjadi musim bagi Manchester United dan Park Ji-sung meraih gelar Liga Primer Inggris. 

Untuk gelar paling bergengsi yang pernah dimenangkan Park Ji-sung bersama Manchester United, tentu saja adalah gelar Liga Champions musim 2007/08. 

Gelar lain yang pernah diraih Park Ji-sung bersama Manchester United adalah Piala Dunia Antarklub 2009, serta dua kali Community Shield pada 2011 dan 2012. 

Selain saat menjuarai Liga Champions 2007/08, momen terbaik Park Ji-sung bersama Manchester United yang akan selalu diingat, adalah pada 18 Oktober 2005. 

Saat itu berlangsung pertandingan Liga Champions antara Manchester United vs Lille. Park Ji-sung menjadi pemain Asia pertama yang mengenakan ban kapten Manchester United. 

Kesuksesan Park Ji-sung bersama Manchester United, menjadi motivasi bahwa pemain Asia juga bisa bermain di level teratas dalam dunia sepak bola Eropa. 

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama 

Ikuti Terus Berita Manchester United dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%